Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Tol Getaci Bakal Dilelang Ulang Akhir 2023

Kompas.com - 11/07/2023, 22:46 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan tender (lelang) ulang proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci). Proses lelang ulang diperkirakan akan dilaksanakan pada akhir 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini proyek Jalan Tol Getaci dalam persiapan lelang. Sebagai tahap awal, Kementerian PUPR akan melelang ruas Gedebage hingga wilayah Ciamis.

"Sekarang, sedang persiapan untuk lelang sampai dengan Ciamis, Jawa Barat," ujar Basuki dalam peresmian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Selasa (11/7/2023).

Baca juga: Kantor Pusat Pertamina Akan Pindah ke Balikpapan

Menurut dia, jumlah seksi tol yang dipersiapkan untuk lelang sekitar tiga mulai dari Gedebage sampai Ciamis. 

Pembangunan Tol Getaci bertujuan untuk memperlancar konektivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Jawa Barat bagian selatan.

Konektivitas di daerah Jabar selatan makin lama makin menurun karena kepadatan lalu lintas, seperti waktu tempuh dari Tasikmalaya ke Bandung yang jaraknya 100 km, bisa mencapai tiga jam.

Baca juga: Lelang 7 Seri SUN, Pemerintah Kantongi Rp 13 Triliun

Dengan demikian, Basuki mengatakan kebutuhan jalan tol merupakan suatu keniscayaan karena di wilayah Jabar selatan itu banyak pusat-pusat pertumbuhan, namun konektivitasnya masih kurang memadai.

Tol Getaci melintasi dua provinsi yaitu Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Jawa Tengah 35,25 km dengan total panjang 206,65 km, yang akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol itu masuk dalam proyek strategis nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Baca juga: Hyundai Gelontorkan Rp 22,5 Triliun untuk Bangun Pabrik Baterai di RI

Tol Getaci direncanakan terdiri atas empat seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara 45,20 km, Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya 50,32 km, Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan 76,78 km, dan Seksi 4 Patimuan-Cilacap 34,35 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com