Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bakal Dirikan BLU untuk Kelola Uang Pembayaran Tol dari Sistem MLFF

Kompas.com - 10/07/2023, 19:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Attila Keszeg mengungkapkan pemerintah akan membuat badan layanan umum (BLU) yang khusus mengumpulkan dan mengelola uang pembayaran tol yang dikumpulkan dari sistem multi lane free flow (MLFF).

Pasalnya dalam proyek sistem pembayaran nontunai nirsentuh ini PT Roatex Indonesia Toll System hanya berwenang menyediakan teknologinya.

"Karena PUPR sebagai kementerian tidak menangani uang, tetapi pemerintah membuat perusahaan khusus (BLU) untuk ini dan uang akan mengalir ke sana," ungkap Attila saat ditemui di Kedutaan Besar Hongaria, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Setelah mengumpulkan uang pembayaran tol dari para pengguna jalan tol melalui penyedia jasa pembayaran, BLU tersebut bertugas untuk menyalurkannya ke operator jalan tol dan PT RITS.

Baca juga: Uji Coba MLFF Sempat Batal, Roatex: Kita Inginnya Tahun Ini

"Dan di setiap akhir bulan, jika kami (PT RITS) berkinerja baik dan kami memenuhi kriteria, kami akan mendapatkan semua bagian dari uang kami," ujarnya.

Sebagai informasi, MLFF merupakan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Hungaria yang dilaksanakan melalui PT RITS sebagai Foreign Direct Investment (FDI).

Adapun nilai investasi dari proyek MLFF ini sebesar 300 miliar dollar AS dimana saat ini sebanyak 30 persennya sudah direalisasikan untuk membeli kendaraan, peralatan, software, dan lain-lain.

Baca juga: Roatex: Akurasi Control Center MLFF Sudah 95 Persen

Sistem MLFF ini mengadopsi teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memungkinkan transaksi melalui aplikasi smartphone dan terdeteksi via satelit.

Keakuratan sistem MLFF ini juga didukung penggunaan sejumlah kamera di ruas-ruas tol dan Mobile Control Unit (MCU) atau unit kontrol bergerak yang tersebar secara random yang terhubung ke Control Center.

Baca juga: Roatex Komitmen Lanjutkan Proyek MLFF, Tunggu Lampu Hijau dari Pemerintah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com