Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahana Inti Selaras Terbitkan Obligasi Rp 3 Triliun

Kompas.com - 13/07/2023, 15:50 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Anak usaha Indomobil Grup, PT Wahana Inti Selaras (WISEL) berencana melakukan Penawaran Umum Obligasi II Wahana Inti Selaras Tahun 2023. Target nilai penerbitan Obligasi itu sebanyak-banyaknya Rp 3 triliun yang akan dibagi dalam 3 tenor penerbitan 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun.

Perusahaan purna jual alat berat dengan merek Volvo, Renault Trucks, SDLG, Kalmar, Manitou dan John Deere itu telah mendapatkan peringkat rating idA (Single A) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

“Rencana penggunaan dana obligasi akan dialokasikan untuk membiayai modal kerja Perseroan dan lima anak usaha yaitu PT Indotruck Utama (ITU), PT Indo Traktor Utama (INTRAMA), PT Eka Dharma Jaya Sakti (EDJS), PT Prima Sarana Gemilang (PSG) dan PT Prima sarana Mustika (PSM),” kata Presiden Direktur Wahana Inti Selaras Bambang Prijono secara virtual, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: Obligasi II BRI Finance Oversubscribe 342 Persen

Adapun kisaran tingkat bunga untuk masing-masing seri obligasi dimana obligasi Seri A dengan tenor 1 tahun atau sekitar 370 hari ditawarkan dengan rentang bunga 6,15 persen – 7 persenper tahun. Sementara Seri B dengan tenor 3 tahun dengan rentang bunga 7,15 persen - 8,15 persen per tahun. Seri C dengan tenor 5 tahun dengan rentang bunga 8,15 persen – 9 persen per tahun.

Pembayaran bunga akan dilakukan triwulanan dan pokok obligasi akan dibayarkan pada saat jatuh tempo sesuai dengan tenornya masing-masing.

WISEL telah menunjuk beberapa Penjamin Pelaksana Emisi untuk penerbitan obligasi ini, yaitu PT Mandiri Sekuritas, PT Aldicitra Sekuritas Indonesia, PT BNI Sekuritas, PT Buana Capital Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia, Tbk.

Baca juga: Mana Lebih Menarik, Obligasi Pemerintah atau Korporasi?

Sedangkan yang bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. Lebih jelasnya, berikut perkiraan jadwal penawaran umum hingga pencatatan di BEI:

  • Izin Publikasi OJK : 11 Juli 2023
  • Penawaran Awal : 13 – 24 Juli 2023
  • Target Pernyataan Efektif OJK : 31 Juli 2023
  • Periode Penawaran Umum : 2 – 3 Agustus 2023
  • Penjatahan : 4 Agustus 2023
  • Distribusi Obligasi : 8 Agustus 2023
  • Pencatatan Obligasi di BEI : 9 Agustus 2023

Baca juga: Obligasi II KB Finansia Multi Finance, Oversubscribe hingga 4 Kali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com