Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] 10 Negara Termiskin Dunia | Profil Wamen BUMN Rosan Roeslani

Kompas.com - 18/07/2023, 05:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. 10 Negara Termiskin Dunia Versi Bank Dunia

Bank Dunia merilis data pendapatan nasional bruto atau gross national income (GNI) per kapita periode 2022 pada awal Juli lalu.

Dalam rilis tersebut, Bank Dunia mengategorikan negara ke dalam 4 kelompok, yakni negara berpendapatan rendah, negara berpendapatan menengah-bawah, negara berpendapatan menengah-atas, dan negara berpendapatan tinggi.

Data itu menunjukan, masih terdapat 22 negara yang tergolong ke dalam negara berpendapatan rendah, atau memiliki GNI per kapita di bawah 1.335 dollar AS atau setara sekitar Rp 20,03 juta (kurs Rp 15.000 per dollar AS) pada 2022.

Lantas, negara apa saja yang menempati peringkat terbawah daftar GNI per kapita dunia? Simak di sini

2. Kemenhub Hentikan Sementara Uji Coba LRT Jabodebek

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan menghentikan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek selama 17-20 Juli 2023.

Hal ini dilakukan setelah DJKA melakukan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek pada Sabtu (15/7/2023).

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, penghentian sementara uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek tersebut agar dapat dilakukan perbaikan pada sistem LRT Jabodebek.

"Pada umumnya uji coba berjalan lancar. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (17/7/2023).

Baca selengkapnya di sini

3. Profil Rosan Roeslani, Pengusaha yang Kini Jadi Wamen BUMN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) pada hari ini, Senin (17/7/2023).

Rosan ditunjuk menjadi Wamen BUMN menggantikan posisi Pahala Mansury yang juga dilantik Jokowi menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Pada kesempatan itu, para jajaran Kabinet Indonesia Maju yang dilantik menyampaikan sumpahnya menurut agama masing-masing. Pembacaan sumpah dipimpin langsung oleh Jokowi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com