Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kecelakaan Kereta Api Terjadi di Hari yang Sama, Salah Siapa?

Kompas.com - 20/07/2023, 09:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Selasa (18/7/2023) kemarin tiga kecelakaan kereta api terjadi di tiga tempat yang berbeda. Persamaannya, ketiganya terjadi di perlintasan sebidang.

Salah satu insiden kecelakaan kereta api yang sempat ramai dibicarakan masyarakat ialah yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah. Pasalnya, kecelakaan ini sampai menimbulkan ledakan api.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat dari ketiga kecelakaan kereta api tersebut terdapat 1 korban jiwa meninggal dunia pada kecelakaan di Kisaran, Sumatera Utara.

Sementara untuk insiden di Tanjung Karang, Lampung dan Semarang tidak ada korban jiwa.

"Kementerian Perhubungan turut prihatin atas kecelakaan/insiden yang terjadi di Kisaran, Tanjungkarang dan Semarang pada Selasa (18/7) pukul 10.00 WIB, 15.10 WIB dan 19.32 WIB," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Rabu (19/7/2023).

Lalu seperti apa garis besar kejadian tiga kecelakaan kereta pada Selasa kemarin? Simak ringkasannya berikut ini:

Baca juga: Tindak Lanjuti 3 Kecelakaan Kereta Api, Kemenhub Terjunkan Tim ke Lokasi Kejadian

3 Kecelakaan Kereta Api dalam 1 Hari

1. Kecelakaan KA Sribilah Utama

Kereta Api (KA) Sribilah Utama relasi Rantau Perapat-Medan mengalami kecelakaan pada Selasa kemarin sekitar pukul 10.00 WIB.

Kecelakaan terjadi ketika kereta menabrak sebuah mobil berpenumpang dua orang di pelintasan sebidang tanpa palang atau ilegal di Jalan Marah Rusli, Kelurahan Selawan, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sumut.

"Insiden di Kisaran terjadi antara kendaraan mini bus yang menerobos pelintasan di Km 02+800 Jl. K.H. Agus Salim Lk. V Kec. Selawan Kec. Kisaran Timur Kab. Asahan, dengan KA Sri Bilah Utama," kata Adita.

Kecelakaan kereta api Sribilah Utama ini menyebabkan seorang penumpang mobil meninggal dunia di tempat dan satu penumpang lainnya kritis karena mengalami luka parah.

2. Kecelakaan KA Kuala Stabas

Sore harinya, sekitar pukul 15.10 WIB kecelakaan terjadi pada KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang-Baturaja di pelintasan liar tanpa palang pintu di km 81+0/1 petak jalan antara Blambangan Pagar-Kalibalangan, Lampung.

"Insiden di Tanjungkarang melibatkan mobil truk bermuatan tebu dengan KA Kuala Stabas di pelintasan liar tanpa palang pintu pada km 81+0/1 petak jalan antara Blambangan Pagar-Kalibalangan," ungkapnya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan KA Kuala Stabas kemarin, namun lokomotif milik KAI mengalami kerusakan dan perjalanan kereta menjadi terganggu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com