Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Insurance Kejar Target Premi Rp 3,2 Triliun

Kompas.com - 20/07/2023, 14:35 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BRI Asuransi Indonesia (BRI Insurance) membidik target pengumpulan premi sebesar Rp 3,2 triliun sepanjang 2023. BRI Insurance telah mengumpulkan premi sebesar Rp 1,49 triliun sampai Juni 2023.

Direktur Utama BRI Insurance Rahmat Budi Legowo mengatakan, sepanjang tahun lalu, BRI Insurance telah membukukan premi sebesar Rp 2,6 triliun.

"Kami yakin mencapai ke arah sana, karena pada saat pandemi saja kami berhasil keluar dari pusaran pandemi dengan target yang baik," ujar dia dalam acara Media Gathering BRI Insurance 2023, Kamis (20/7/2023).

Baca juga: Panduan Bayar Tagihan IndiHome lewat Aplikasi BRImo dan ATM BRI

Sementara itu, ia juga menargetkan untuk membukukan laba bersih sekitar Rp 450-500 miliar sampai akhir tahun.

Adapun sampai akhir 2022, BRI Insurance mencatat laba setelah pajak Rp 366,75 miliar, atau tumbuh 28,48 persen secara tahunan.

Sebagai catatan, sampai semester I-2023 perusahaan telah mengumpulkan laba setelah pajak Rp 221,21 miliar.

Jumlah tersebut tumbuh 41,6 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 156,28 miliar.

Baca juga: Cara Bayar Tagihan Lazada Paylater via BRImo dan ATM BRI

Rahmat menjabarkan, untuk mencapai target-target tersebut pihaknya akan berfokus pada beberapa sektor yang belum tergarap BRI Insurance selama ini seperti ritel dan bisnis mikro.

Menurut dia, serapan perusahaan dari bisnis mikro baru mencapai 30 persen. Sampai akhir tahun, BRI Insurance berencana menaikan porsi bisnis mikro hingga 40 persen.

"Revenue yang kami harapkan dari (target premi) Rp 3,2 triliun tersebut mungkin sekitar 15-20 persen. Jadi mudah-mudahan dapat tercapai," imbuh dia.

Baca juga: Renovasi Situ Tunggilis, BRI Insurance Dukung Pemberdayaan Destinasi Wisata Lokal dan UMKM

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis BRI Insurance Handaru Sakti menjelaskan, pihaknya akan tetap menggarap bisnis yang sudah ada, sambil terus mendorong bisnis yang berasal dari non-captive market.

Pihaknya akan memperluas kerja sama dengan berbagai pihak sampai ke level Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dan koperasi.

Selain itu, pihaknya juga akan menggarap bisnis asuransi untuk dokumen yang menjadi agunan pinjaman perbankan dan koperasi.

"Kami juga punya BRINS Mobile, akan ditingkatkan lagi supaya yang belum jadi nasabah bank juga bisa menggunakan. Kami juga akan tempel aplikasi kami ke BRI dan lainnya sehingga memudahkan transaksi," tutup dia.

Baca juga: Baru, BRI Insurance Sosialisasikan Produk OTO Proteksi Maksima

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com