Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Startup" Motor Listrik Eks Petinggi Gojek Raih Pendanaan Tahap Awal Rp 563 Miliar

Kompas.com - 20/07/2023, 17:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan (startup) kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) MAKA Motors mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) sebesar 37,6 juta dollar AS, atau setara Rp 563 miliar.

Putaran pendanaan ini dipimpin bersama oleh AC Ventures, East Ventures, dan SV Investment dari Korea Selatan.

Sebagai catatan, investasi ini merupakan salah satu pendanaan awal dengan jumlah terbesar di Asia Tenggara untuk startup perangkat keras (hardware).

Putaran pendanaan ini juga diikuti oleh investor strategis lainnya termasuk Northstar Group, Provident, AlfaCorp, Skystar Capital, Peak XV Partners, Openspace Ventures, Shinhan Venture Investment, BEENEXT, Kinesys Group, dan M Venture Partners (MVP).

Baca juga: Indonesia-China Dorong Kerja Sama Penguatan Industri 4.0, Kendaraan Listrik, hingga Bioprospektif

MAKA Motors didirikan pada 2021 oleh mantan petinggi Gojek, Raditya Wibowo dan Arief Fadillah.

Founder & Chief Executive Officer MAKA Motors Raditya Wibowo mengatakan, ada peluang yang belum terjawab di sektor kendaraan roda dua listrik di Indonesia.

Kendaraan listrik membutuhkan produk yang kompetitif dengan motor bensin dari sisi jarak tempuh, tenaga, fitur, daya tahan, dan harga jual.

Untuk itu, MAKA Motors melakukan penelitian dan pengembangan (R&D) selama dua tahun terakhir. Investasi besar dilakukan dalam pembangunan tim dan proses penelitian.

“Pendanaan tidak hanya memvalidasi visi kami, tetapi juga mengakselerasi misi untuk melampaui harapan pengendara Indonesia dengan sepeda motor listrik kami nantinya," ujar Raditya dalam keterangan resmi, Kamis (20/7/2023).

Baca juga: Erick Thohir Ajak PLN Gandeng Perusahaan China Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik


Sementara itu, Co-Founder & Chief Technology Officer MAKA Motors Arief Fadillah mengatakan, pihaknya juga berfokus untuk meningkatkan kamampuan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang penelitian dan pengembangan manufaktur otomotif.

Dengan pendanaan ini, ia bilang, MAKA Motors akan memperluas dan melanjutkan operasional serta fasilitas penelitian dan pengembangannya untuk mempercepat produksi sepeda motor listrik.

"Produk massal pertama MAKA Motors saat ini sedang dalam tahap pilot project dan akan siap diluncurkan tahun depan. MAKA Motors juga akan membangun pabriknya di Jawa Barat mulai akhir tahun ini," tutur dia.

Di sisi lain, Founder dan Managing Partner AC Ventures Michael Soerijadji meyakini pemahaman tim MAKA Motors yang mendalam tentang pasar lokal berasal dari penelitian ekstensif dan pengalaman sektoral MAKA Motors.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com