Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Citi Indonesia: Akuisisi Bisnis Konsumer Banking oleh UOB Rampung Akhir 2023

Kompas.com - 20/07/2023, 18:40 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Citibank Indonesia (Citi Indonesia) Batara Sianturi memastikan proses akuisisi bisnis konsumer oleh UOB akan selesai pada akhir tahun 2023. Sebelumnya, dia menyebutkan pada paparan kinerja kuartal I-2023, bahwa proses jual beli aset dan liabilitas tersebut ditargetkan selesai di kuartal II-2023.

"Seperti yang sudah kita sampaikan, di kuartal I-2023 lalu, akuisisi ini ditargetkan (rampung) di akhir tahun 2023," kata Batara di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Batara memastikan, proses akuisisi bisnis konsumer Citi kepada UOB akan rampung paling lambat akhir tahun 2023.

Baca juga: UOB Akuisisi Bisnis Konsumer Citigroup di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam

"Iya, semester II-2023, kan dari Juli sampai Desember, mendekati akhir tahun lah, kita akan comply," tambah dia.

Namun demikian, Batara enggan mengungkapkan lebih lanjut soal nilai akuisisi perusahaan. Saat ingin dipastikan, apa benar nilainya mencapai Rp 52 triliun, ia enggan mengomentari hal itu.

"Kita mesti lihat dulu, the final one. Saya enggak bisa komentar soal itu," kata Batara.

Di tahun ini, proses akuisisi Citibank oleh UOB sudah dilakukan di Malaysia. Dia meyakini, Indonesia adalah negara selanjutnya yang akan menyelesaikan akuisisi tersebut.

"Minggu lau, Malaysia sudah cut offer, berarti next Indonesia, dan itu sudah kami umumkan kepada investor bahwa kami di Citi Indonesia," ujarnya.

"Next salah satu negara yang akan cut over tahun ini adalah Indonesia," tegas dia.

Batara memastikan, dalam proses akuisisi, seluruh produk dan layanan yang ditawarkan kepada nasabah akan akan berjalan normal seperti biasa. Kegiatan operasional di seluruh kantor cabang juga akan berjalan seperti biasa.

Adapun transaksi akuisisi bisnis konsumer Citi dengan UOB termasuk didalamnya, bisnis retail banking dan kartu kredit. Tapi, tidak termasuk bisnis institutional banking.

Dengan akuisisi tersebut, maka lini bisnis consumer banking Citi hanya akan beroperasi di beberapa negara, termasuk Hong Kong, Singapura, London, dan Timur Tengah. Selain di Indonesia, Citi juga menjual bisnis konsumernya yang berada di Thailand, Malaysia, Vietnam, India, Korea Selatan, dan China.

Baca juga: Citi Indonesia Proyeksikan Ekonomi Indonesia Bakal Tumbuh di Atas 5 Persen Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com