Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Kala Mal Blok M Plaza Bangkit dari Mati Suri | Menkominfo Bersiap Bentuk Satgas Project S TikTok

Kompas.com - 24/07/2023, 05:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Kala Mal Blok M Plaza Bangkit dari "Mati Suri", Usai Terkoneksi MRT...

Pembangunan MRT Jakarta telah berdampak positif bagi pusat perbelanjaan Blok M Plaza. Kini mal yang berada di bilangan Jakarta Selatan itu nampak hidup kembali setelah sempat meredup seolah "mati suri" sejak 2017.

Melalui pembangunan MRT Jakarta yang mangadopsi konsep kawasan berorientasi transit (transit oriented development/TOD), Stasiun MRT Blok M BCA pun terhubung langsung dengan Blok M Plaza.

Akses yang terhubung itu membuat masyarakat tertarik untuk singgah di Blok M Plaza mulai sekadar menikmati kuliner hingga menonton film.

Pesona mal yang menjadi primadona di tahun 1990-an hingga 2000-an itu sempat meredup seiring bermunculannya mal-mal baru di Jakarta. Sejak 2017, tenant-tenant yang terisi di Blok M plaza semakin berkurang seiring menurunnya tingkat kunjungan ke mal tersebut.

Selengkapnya simak di sini

2. Project S TikTok Bisa Ancam UMKM RI, Menkominfo Bersiap Bentuk Satgas

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menilai Project S TikTok berpotensi mengancam pertumbuhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam negeri.

Untuk itu, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan membentuk satuan tugas (satgas) yang bertugas melakukan percepatan dalam penyediaan akses digital serta pemantauan ekosistem digital, termasuk social commerce.

Satgas nantinya bertugas untuk memberikan perlindungan terhadap pelaku UMKM dari ancaman social commerce asing.

Satgas ini nantinya akan melibatkan kementerian dan instansi terkait dalam merumuskan kebijakan bersama. Kementerian dan instansi yang terlibat antara lain Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, dan lembaga terkait lainnya.

Baca selengkapnya di sini

3. Ahok Usul Anak Usaha Pertamina Pindah Kantor, DPR: Kami Tak Menolak Jika Tujuannya Efisiensi

Komisi VII DPR RI memberikan respons terkait usulan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok agar anak usaha Pertamina tak sewa kantor di Jakarta dan pindah ke wilayah kerjanya, terutama di luar Pulau Jawa.

Menurut DPR, pemindahan sejumlah kantor anak usaha PT Pertamina (Persero) dari Jakarta ke dekat wilayah kerja, merupakan keputusan direksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com