Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Commuter Line Rangkasbitung Kembali Normal

Kompas.com - 25/07/2023, 19:31 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter (KCI) telah menyelesaikan proses evakuasi tiang Listrik Aliran Atas (LAA) yang menghalangi jalur rel akibat ditabrak truk pada lintas Pondok Ranji-Kebayoran KM 17+5 pukul 08.30 WIB. Dengan demikian, perjalanan Commuter Line Rangkasbitung kembali normal.

Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengatakan, tiang listrik yang miring akibat ditabrak telah diganti dengan tiang listrik sementara oleh petugas terkait. Proses normalisasi perbaikan kabel LAA juga sudah selesai dilakukan.

Pada pukul 15.42 WIB, aliran listrik pada jalur Sudimara-Kebayoran yang sempat dipadamkan sudah kembali terhubung sehingga commuter line bisa melintas kembali.

Baca juga: Truk Tabrak Tiang Listrik, 13 Perjalanan KRL Jabodebek Terganggu dan 8 Perjalanan Dibatalkan

Namun untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta perjalanan Commuter Line No.1665 relasi Parung Panjang-Tanah Abang sebagai KA pertama yang melintas masih dibatasi kecepatannya yaitu 20 kilometer per jam.

"Pukul 16.07 WIB perjalanan kereta yang melintas di lokasi kembali normal sesuai dengan yang diizinkan, namun saat ini masih dalam penguraian antrean perjalanan commuterline relasi Bogor-Jakarta Kota," ujarnya dalam pernyataan resmi, Selasa (25/7/2023).

Dia mengungkapkan, imbas kendala operasional ini menyebabkan kelambatan perjalanan Commuter Line Rangkasbitung dengan kelambatan tertinggi selama 256 menit atau sekitar 4 jam lebih.

Baca juga: Hubungkan Akses MRT, LRT, dan KRL, JPM Dukuh Atas Ditarget Rampung 31 Juli 2023

Untuk menekan angka kelambatan tersebut, hingga pukul 16.00 WIB pihaknya melakukan rekayasa pola operasi perjalanan commuter line Rangkasbitung sebanyak 40 perjalanan, mulai dari potong relasi perjalanan maupun berjalan menggunakan satu jalur di lokasi kejadian.

"Imbas kendala tersebut juga mengakibatkan pembatalan 17 perjalanan Commuter Line Rangkasbitung," tuturnya.

Baca juga: 3 Unit KRL Baru Tiba di RI 2024, Tarif Bakal Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com