Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPS Buka 24 Lowongan Kerja, "Fresh Graduate" Bisa Daftar

Kompas.com - 26/07/2023, 11:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) membuka 24 lowongan kerja bagi para pencari kerja dengan minimal lulusan pendidikan S1. Pendaftaran lowongan kerja LPS ini akan dibuka hingga 3 Agustus 2023.

Sekretaris LPS Dimas Yuliharto mengatakan, pada tahun ini LPS membuka 2 jenis rekrutmen, yakni posisi profesional hire (Pro Hire) atau untuk orang-orang yang sudah berpengalaman dan rekrutmen untuk management trainee atau terbuka untuk fresh graduate, yang di LPS dikenal dengan Pendidikan Calon Pegawai (PCP).

Syarat Lowongan Kerja LPS

  1. Calon pelamar Pro Hire maupun PCP harus warga negara Indonesia
  2. Pendidikan minimal strata I atau S1
  3. Sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba
  4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus organisasi terlarang
  6. Tidak sedang menjalani proses hukum pidana dan/atau tidak pernah menerima sanksi pidana, tidak pernah dihukum penjara berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak kejahatan.
  7. Untuk PCP maksimal usia saat melamar yaitu 25 tahun, sedangkan untuk pro hire maksimal 40 tahun, tergantung dari posisi yang dibuka.

Baca juga: PTPN VII Buka Lowongan Kerja, Simak Posisi dan Persyaratannya

Dimas menjelaskan, proses seleksi nantinya terdiri dari tes potensi (TPA), psikotes, tes bahasa inggris, wawancara, dan medical check up. Selama proses seleksi LPS tidak akan memungut biaya apapun bagi para peserta.

"Nantinya, keputusan hasil seleksi merupakan wewenang LPS yang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat," kata Dimas.

Berdasarkan laman resmi LPS, terdapat 24 lowongan pekerjaan yang dibuka, termasuk PCP. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait lowongan-lowongan tersebut dapat mengakses laman https://www.klob.id/rekrutmen-lps-2023.

Baca juga: Wings Group Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA hingga S1 Semua Jurusan, Simak Kualifikasinya

Pembukaan lowongan kerja secara masif itu dilakukan seiring dengan diperkuatnya peran LPS melalui Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan atau UU P2SK. Lewat aturan tersebut, LPS kini tidak hanya menjamin dana perbankan, tapi juga polis asuransi.

"Kebutuhan pegawai di LPS sangat dinamis seiring dengan tugas dan amanat baru yang diemban LPS ," ucap Dimas.

Baca juga: Lowongan Kerja Kontraktor Pertambangan untuk Fresh Graduate, Ini Persyaratannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com