Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute dan Jadwal Damri Bandara Kertajati, Tarif mulai Rp 80.000

Kompas.com - 31/07/2023, 14:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Damri akan melayani rute menuju Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Hal ini menyusul pengoperasian penuh Bandara Kertajati mulai Oktober 2023.

Corporate Communication Damri Lishna Nurul Hikmah mengatakan, untuk saat ini pihaknya akan melayani tiga rute menuju Bandara Kertajati, yaitu Bandung-Bandara Kertajati, Cirebon-Bandara Kertajati, dan Kuningan-Bandara Kertajati.

"Tahap awal Damri menyediakan sebanyak 4 unit armada yang disiapkan untuk melayani rute menuju Bandara Kertajati," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (30/7/2023).

Baca juga: Semua Penerbangan Pindah ke Kertajati, AP II Pastikan Bandara Husein Bandung Tak Sepi

Angkutan Damri menuju Bandara Kertajati akan beroperasi setiap dua hari dalam seminggu, yaitu Rabu dan Minggu. Hal tersebut karena menyesuaikan jadwal penerbangan reguler di Bandara Kertajati.

Berikut tarif layanan Damri yang melayani rute menuju Bandara Kertajati:

  • Tarif Damri Bandung-Bandara Kertajati sebesar Rp 150.000.
  • Tarif Damri Cirebon-Bandara Kertajati sebesar Rp 80.000.
  • Tarif Damri Kuningan-Bandara Kertajati sebesar Rp 100.000.

Adapun tiket keberangkatan dari Bandung dapat dipesan melalui loket Damri di Terminal Cicaheum, keberangkatan dari Cirebon dapat dipesan melalui loket di Pos Petugas Pengawas Angkutan RM Brawijaya, dan keberangkatan dari Kuningan dapat dipesan melalui loket di Terminal Kuningan.

Baca juga: Kapasitas Bandara Soekarno-Hatta Akan Naik Jadi 110 Juta Penumpang Per Tahun

Sebagai informasi, penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung akan dialihkan ke Bandara Kertajati per Oktober 2023. Dengan adanya pemindahan penerbangan, nantinya Bandara Husein akan tertutup bagi penerbangan sipil.

Bagi masyarakat yang ingin ke Bandara Kertajati dapat memanfaatkan Tol Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang baru saja beroperasi penuh. Oleh karenanya, layanan transportasi publik dari dan menuju Bandara Kertajati menjadi salah satu perhatian pemerintah dan penyedia layanan angkutan umum seperti Damri.

Dalam menyambut peralihan penerbangan di Bandara Kertajati mulai Oktober mendatang, berbagai persiapan telah dilakukan Damri, mulai dari perizinan trayek, armada, loket, dan penyiapan petugas loket dan pengawas, serta aplikasi pemesanan tiket melalui e-ticketing.

Baca juga: DAMRI Layani Rute Jayapura–Bandara Sentani, Simak Jadwal dan Tarifnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com