Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba LRT Jabodebek Diundur, Erick Thohir Bantah Ada Masalah Sistem

Kompas.com - 02/08/2023, 06:34 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, mundurnya uji coba LRT Jabodebek untuk masyarakat umum bukan karena ada masalah pada sistem kereta tersebut.

Mulanya, uji coba untuk umum ditargetkan pada 27 Juli 2023, namun menjadi mundur ke 29 Juli 2023, yang kemudian mundur lagi ke awal Agustus 2023, meski belum ada tanggal yang pasti.

Menurut Erick, penundaan bertujuan mengoptimalkan pemeriksaan untuk memastikan segala aspek telah siap. Pemeriksaan ini pun dilakukan oleh konsultan bertaraf internasional.

Baca juga: Pemprov DKI Tawarkan 21 Proyek ke Investor, Ada Ancol hingga LRT

"Konteksnya jadi harus mundur uji coba untuk publik. Tapi apa itu ada problem yang di sistem kereta api? Enggak. Itu kan pakai Siemens (sistem software), konsultannya juga dari Inggris, ini lagi saling ngobrol, kan enggak apa-apa, saling cek," ujarnya saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Menurut Erick, pemeriksaan jelang beroperasi merupakan hal yang wajar, terlebih LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis. Maka perlu dilakukan persiapan agar meyakinkan keamanannya kepada masyarakat.

Ia bilang, terlibatnya Siemens, perusahaan asal Jerman sebagai software development LRT Jabodebek serta konsultan asal Inggris, merupakan hal yang baik. Sebab, kedua negara tersebut memiliki sistem perkeretaapian yang bagus.

Baca juga: Wamen BUMN: Longspan LRT Gatsu-Kuningan Salah Desain, kalau Belok Harus Pelan Sekali

"Jerman punya sistem kereta api yang luar biasa, Inggris juga punya, boleh dong ngobrol. Ini yang kita dorong, supaya masyarakat terlayani dengan baik. Check and balance itu biasa," katanya.

"Dengan sistem yang sudah dipakai Siemens ini bagus, dan sudah enggak perlu dipertanyakan, di mana-mana pakai Siemens kok. Tapi konsultan dari Inggris-nya ingin cek sekali lagi, ya enggak apa-apa dong, enggak ada yang diumpetin kok, dan ini buat kebaikan masyarakat," tambah Erick.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek untuk masyarakat umum akan dilakukan pada awal Agustus 2023.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Rosan Roeslani Jadi Wakil Komut Pertamina

Saat dikonfirmasi mengenai tanggal pasti pelaksanaan uji coba, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati hanya menyebut rencananya akan dilaksanakan pada 5 Agustus 2023.

Namun dia menekankan, uji coba operasional terbatas dengan penumpang baru akan kembali dilaksanakan setelah uji coba sistem berjalan dengan baik.

Pasalnya seperti diketahui, uji coba dengan penumpang telah dihentikan sementara oleh Kemenhub sejak 17 Juli lalu lantaran perlu dilakukan pembaharuan sistem LRT Jabodebek.

"Rencananya demikian (dilaksanakan 5 Agustus 2023) tapi semua tergantung uji coba internal dalam beberapa hari ini," ujar Adita kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Baca juga: Erick Thohir Bakal Tindak Tegas 155 Petinggi BUMN yang Tak Patuh LHKPN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com