Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balikkan Kerugian Jadi Keuntungan, Bank Amar Raih Laba Bersih Rp 85,04 Miliar

Kompas.com - 07/08/2023, 13:27 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) mencatatkan kinerja keuangan yang positif pada kuartal II-2023. Hal ini terefleksikan dari pertumbuhan laba bersih perusahaan.

Berdasarkan dokumen keuangan perusahaan, Bank Amar mencetak laba bersih sebesar Rp 85,04 miliar hingga Juni 2023. Nilai tersebut lebih baik dari periode yang sama tahun lalu, di mana perusahaan mencatatkan rugi sebesar Rp 88,09 miliar.

Pertumbuhan tersebut merupakan hasil dari pendapatan perusahaan yang juga meningkat. Tercatat pendapatan bunga bersih perusahaan tumbuh menjadi Rp 401,75 miliar.

Baca juga: Pendapatan Bunga Tumbuh Double Digit, Laba Bersih Bank Jago Melonjak 40 Persen

Kenaikkan pendapatan bunga bersih terjadi seiring dengan pendapatan bunga yang tumbuh menjadi Rp 437,87 miliar, sementara beban bunga menyusut menjadi Rp 36,12 miliar.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, sampai dengan akhir Juni penyaluran kredit perusahaan telah mencapai Rp 2,05 triliun. Hal ini kemudian mendongkrak total aset perusahaan sebesar 22,55 persen menjadi Rp 4,67 triliun.

"Pencapaian tersebut merupakan hasil kontribusi Tunaiku sebagai platform pinjaman digital Amar Bank yang menyalurkan pinjaman kepada individu maupun UMKM, serta pertumbuhan dalam penyaluran kredit komersial dan korporasi," tutur dia, dalam keterangannya, Senin (7/8/2023).

Senior Vice President Finance Amar Bank David Wirawan menyebutkan, perusahaan tetap menjaga efektivitas penyaluran kredit dan pengelolaan aset produktif secara prudent. Hal ini tercermin dari rasio non-performing loan (NPL) sebesar 1,84 persen.

Selain itu, rasio BOPO juga mengalami tren penurunan, mencapai 85,82 persen dibandingkan dengan angka sebelumnya yaitu 121,20 persen pada Juni 2022.

"Ke depan, Amar Bank akan terus berkomitmen untuk mempertahankan kinerja positifnya dengan menyediakan layanan keuangan digital yang inovatif," ucap David.

Baca juga: Naik 24,9 Persen, Laba Bersih Bank Mandiri Capai Rp 25,2 Triliun pada Semester I 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com