Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Solusi Pengolahan Limbah Plastik dan Kardus untuk Perusahaan, Ecoloop Jawabannya!

Kompas.com - 10/08/2023, 12:58 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sampah plastik, kertas, serta kardus telah menjadi salah satu ancaman serius bagi lingkungan. Pasalnya, material-material ini kerap digunakan untuk berbagai kemasan, mulai dari makanan, botol minuman, hingga kantong belanja.

Peningkatan produksi kemasan plastik dan kardus sekali pakai dinilai dapat membebani kemampuan masyarakat dan perusahaan, khususnya dalam pengelolaan limbahnya. Hal ini pun berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan, kerusakan ekosistem, serta memberikan dampak negatif terhadap kesehatan manusia.

Untuk mengatasi masalah tersebut, masyarakat dapat mengurangi penggunaan plastik dan kardus sekali pakai.

Sementara itu, perusahaan dapat menggunakan sistem pengolahan limbah terkini untuk mengelola sampah plastik, kertas, serta kardus hasil produksi. Dengan begitu, perusahaan dapat meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, perusahaan dapat menggunakan jasa pengelolaan limbah tepercaya. Salah satunya adalah Ecoloop by Alton Waste Management (AWM).

Ecoloop merupakan perusahaan di bidang pengelolaan limbah kardus, kertas, dan plastik polyethylene terephthalate (PET) yang terus berkembang.

Baca juga: Buang Sampah ke TPA Sarimukti Dibatasi Imbas Pencemaran Limbah

Direktur Business Development Ecoloop Albern menyatakan bahwa pihaknya telah menyuplai 4 juta kg limbah per bulan di berbagai pabrik di Tangerang.

Perusahaan yang berdiri sejak 2022 itu juga mengolah 550.000 kg kardus dan kertas di Gudang Gresik setiap bulannya.

Dalam menjalankan praktik pengolahan limbah, Ecoloop menggunakan mesin ball press Imabe Iberica H-75-1000 yang dibuat di Madrid, Spanyol. Mesin berkapasitas 150.000 kg ini masih jarang digunakan di Indonesia.

Dengan mesin otomatis tersebut, proses pengolahan limbah dapat lebih menghemat waktu dan ruang. Selain itu, proses pengolahan limbah juga sudah sesuai dengan prosedur standar keselamatan dan kesehatan karyawan sehingga tingkat keamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

“Ecoloop by Alton Waste Management dibangun dengan motivasi untuk mendukung (konsep) go-green dengan pemanfaatan limbah,” ujar Albern dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (10/8/2023).

Ia menuturkan, mendaur ulang limbah plastik dan kardus bukan perkara mudah. Meski begitu, tantangan ini dapat diatasi dengan pendekatan yang holistik dan kolaboratif, mulai dari meningkatkan kesadaran, memperbaiki infrastruktur, mengembangkan teknologi inovatif, hingga mengubah perilaku konsumen demi menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

Saat ini, Ecoloop sudah menjadi supplier limbah untuk Panca Kraft Pratama dan beberapa pabrik lainnya. Untuk area operasi, Ecoloop menjangkau area Gresik, Tangerang, Cikarang, dan Lampung.

Baca juga: Sulap Limbah Tahu Jadi Biogas, Warga Sambak Lepas Ketergantungan Elpiji

Albern menjelaskan, Ecoloop memproses pengolahan limbah mulai dari kardus, plastik, hingga kertas dari para pelapak. Selanjutnya, Ecoloop menimbang limbah sebelum diolah sesuai prosedur.

“Saat ini, warehouse kami sudah ada beberapa lokasi. Di Gresik, kami memiliki tiga gudang, yakni satu gudang fokus untuk pengolahan kardus dan dua gudang berfokus pada PET. Selanjutnya, tempat pengolahan PET di Cikarang dan gudang pengolahan kardus di Lampung,” katanya.

Ecoloop by Alton Waste Management (AWM). Dok. AWM. Ecoloop by Alton Waste Management (AWM).

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com