Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Keseimbangan Pasar?

Kompas.com - 15/08/2023, 22:42 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keseimbangan pasar adalah istilah umum dalam ilmu ekonomi. Konsep ini berhubungan erat dengan hukum penawaran dan permintaan. Lalu, apa yang dimaksud dengan keseimbangan pasar?

Pengertian keseimbangan pasar

Secara sederhana, keseimbangan pasar adalah kondisi dimana kuantitas yang diminta dari suatu barang atau layanan sama dengan kuantitas yang ditawarkan.

Dengan kata lain, keseimbangan pasar adalah kondisi dimana permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa berada pada titik yang sama atau seimbang.

Baca juga: Cara Bayar Shopee PayLater via ATM, m-Banking, Indomaret, dan Alfamart

Dalam keseimbangan pasar, tidak ada tekanan yang signifikan yang mendorong harga naik atau turun, sehingga harga tetap relatif stabil.

Dikutip dari laman sumber.belajar.kemdikbud.go.id, keseimbangan pasar adalah harga kesepakatan antara pembeli dan penjual yang terbentuk dari hasil tawar menawar.

Keseimbangan pasar sangat penting untuk menentukan harga dan jumlah produk atau jasa yang dihasilkan oleh produsen dan diinginkan oleh konsumen.

Baca juga: TransNusa Buka Rute Jakarta-Johor Bahru dengan Harga Spesial Rp 699.000

Ada dua elemen utama dalam konsep keseimbangan pasar. Pertama, permintaan yaitu jumlah barang atau layanan yang diinginkan oleh konsumen pada berbagai tingkat harga.

Permintaan cenderung berkurang saat harga naik dan meningkat saat harga turun. Hal ini sesuai dengan hukum permintaan yang menyatakan bahwa ada hubungan terbalik antara harga dan jumlah yang diminta.

Sedangkan elemen kedua yaitu penawaran. Maksudnya adalah jumlah barang atau layanan yang tersedia untuk dijual oleh produsen pada berbagai tingkat harga.

Penawaran cenderung meningkat saat harga naik dan berkurang saat harga turun. Ini sesuai dengan hukum penawaran yang menyatakan bahwa ada hubungan positif antara harga dan jumlah yang ditawarkan.

Baca juga: Siemens Indonesia Gandeng ITB Percepat Transformasi Digital Berkelanjutan

Keseimbangan pasar adalah kondisi dimana permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa berada pada titik yang sama atau seimbang.- Keseimbangan pasar adalah kondisi dimana permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa berada pada titik yang sama atau seimbang.

Keseimbangan pasar terjadi ketika kurva permintaan dan kurva penawaran saling berpotongan. Yaitu pada titik dimana harga dan jumlah yang diminta serta ditawarkan sama.

Pada titik ini, tidak ada dorongan yang kuat untuk mengubah harga karena jumlah yang diminta dan ditawarkan sudah seimbang.

Jika harga di atas harga keseimbangan, biasanya akan ada lebih banyak penawaran daripada permintaan, yang dapat mendorong penurunan harga.

Sebaliknya, jika harga di bawah harga keseimbangan, permintaan mungkin lebih besar daripada penawaran, yang dapat mendorong kenaikan harga.

Baca juga: Ini Faktor yang Membuat Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Perbankan Turun

Contoh keseimbangan pasar

Ada banyak contoh keseimbangan pasar yang bisa kita lihat dalam kehidupan masyarakat. Misalnya pada penjualan minyak goreng di pasaran.

Sebagai kebutuhan pokok, permintaan akan minyak goreng sangat tinggi. Namun karena kelangkaan bahan baku, produsen tidak bisa memenuhi kebutuhan minyak goreng masyarakat. Hal ini membuat harga pasar minyak goreng meningkat.

Keseimbangan pasar akan terjadi ketika pasokan minyak goreng di pasar memenuhi permintaan masyarakat dengan harga yang wajar.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan keseimbangan pasar dan contohnya. 

Keseimbangan pasar adalah kondisi dimana permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa berada pada titik yang sama atau seimbang.Freepik Keseimbangan pasar adalah kondisi dimana permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa berada pada titik yang sama atau seimbang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com