BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI)

PRS 2023, BRI Edukasi Penggunaan QRIS kepada Para Pedagang di Yogyakarta

Kompas.com - 19/08/2023, 10:52 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Tabungan BRI Simpedes menyelenggarakan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) bertema “Pede Raih Peluang” di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Sabtu (19/8/2023) sampai Minggu (20/8/2023).

Pada acara tersebut, BRI akan memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berupa literasi digital serta memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah.

Kehadiran PRS 2023 diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat, pemberdayaan dan perluasan pasar UMKM, serta memberikan layanan yang lengkap kepada nasabah Tabungan BRI Simpedes.

Baca juga: Lewat Pesta Rakyat Simpedes, BRI Ajak UMKM “Pede Raih Peluang”

Melalui acara tersebut, BRI ingin memberikan edukasi tentang penggunaan keuangan digital kepada masyarakat. Penyelenggaraan PRS juga diharapkan dapat mendorong akuisisi pedagang melalui pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) BRI yang tidak membebankan UMKM.

BRI berkomitmen mendukung UMKM untuk terus tumbuh dan meraih peluang bisnis. Bank dengan kode saham BBRI ini juga terus menyosialisasikan penggunaan QRIS BRI sebagai bentuk edukasi digitalisasi finansial kepada masyarakat.

Hal tersebut sejalan dengan tujuan PRS 2023 untuk mengajak seluruh UMKM untuk pede meraih peluang di segala lini bisnis dan menjadi pemenang di masa depan.

Grebek Pasar PRS

Salah satu rangkaian acara di PRS 2023 adalah Grebek Pasar. Kegiatan ini diselenggarakan di 10 pasar tradisional Yogyakarta, seperti Pasar Kranggan, Pasar Tempel, Pasar Godean, Pasar Bantul, Pasar Imogiri, Pasar Beringharjo, Pasar Caturtunggal, dan Pasar Prambanan. Acara dilaksanakan mulai Senin (14/8/2023) hingga Jumat (18/8/2023).

Baca juga: Kembali Hadir, BRI Bangkitkan Semangat Ekonomi Lokal lewat Pesta Rakyat Simpedes 2023 di Kota Bandung

Pada kegiatan tersebut, pekerja BRI memberikan edukasi kepada masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI, seperti pembukaan Tabungan Simpedes yang dilakukan secara digital, bertransaksi melalui BRImo, serta pembayaran menggunakan QRIS BRI.

Sebagai informasi, PRS 2023 di Yogyakarta membawa program enam pilar utama. Pertama, pilar Pawai memberikan sarana literasi digital kepada para pelaku UMKM di Yogyakarta.

BRI akan memberikan edukasi terkait penggunaan BRImo beserta fitur-fitur yang dapat memenuhi kebutuhan transaksi harian nasabah. Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan karnaval seni dan budaya.

BRI menyelenggarakan PRS di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta. DOK. BRI. BRI menyelenggarakan PRS di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Kedua, bazar UMKM unggulan binaan BRI di Yogyakarta. Bazar ini akan menampilkan berbagai macam produk UMKM dari beberapa kategori, yaitu kuliner, fashion, serta craft. Setiap transaksi pembelian produk-produk UMKM menggunakan BRImo dan QRIS.

Ketiga, Panen yang merupakan penyerahan program Panen Hadiah Simpedes secara simbolis. Program ini menghadirkan aneka kegiatan berhadiah bagi pengunjung yang hadir.

Keempat, Pojok X’Sis. Pada pilar ini, pengunjung bisa mengunjungi spot menarik untuk beraktivitas serta menikmati keseruan PRS melalui photo box, kelas UMKM, pasar malam, kompetisi, dan masih banyak lagi.

Kelima, Peduli sebagai bentuk kepedulian BRI untuk masyarakat sekitar. Pilar ini menyediakan layanan cek kesehatan gratis, program donor darah, tebus sembako gratis, penukaran botol atau sampah plastik dengan voucer ratusan ribu rupiah, serta face painting dan nail art yang dapat dinikmati oleh pengunjung secara gratis.

Keenam, Panggung yang akan menampilkan hiburan dari deretan artis Tanah Air dan lokal, yakni Judika, J-Rocks, Soegi Bornean, Ndarboy Genk, Om Wawes, serta Damara De.

Untuk datang ke PRS 2023, pengunjung bisa melakukan pembelian tiket melalui laman pestarakyatsimpedes.com. Jika tidak sempat membeli tiket secara online, pengunjung bisa melakukan pembelian di lokasi acara (on the spot) dengan scan QRIS BRI hanya Rp 1 menggunakan BRImo.

Sebagai informasi, PRS BRI 2023 berlangsung pada Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia. Acara ini akan ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube BRI dan melalui siaran televisi Kompas TV.

PRS diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi, khususnya kebangkitan sektor UMKM di Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai PRS 2023, Anda dapat mengunjungi Instagram @bankbri_id atau laman bbri.id/PRS2023.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com