Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Tembilahan Riau: Jadwal Kapal dan Tiketnya

Kompas.com - 20/08/2023, 04:04 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Tembilahan adalah salah satu pelabuhan yang paling sibuk di Provinsi Riau. Sesuai namanya, lokasi pelabuhan ini berada di Kecamatan Tembilahan yang masuk wilayah Kabupaten Indragiri Hilir.

Saat ini, pengelolaan Pelabuhan Tembilahan Riau berada di bawah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, sebelumnya bernama Pelindo I.

Mengutip laman resmi Pelindo, kegiatan utama pelabuhan ini adalah pelayanan jasa kepelabuhanan dan bongkar muat komoditas, baik di tingkat domestik maupun internasional.

Pelabuhan Tembilahan dilengkapi dengan dermaga umum, dermaga penumpang, dan terminal penumpang berkapasitas 300 orang. Ada dua kawasan di pelabuhan ini, yaitu kawasan Pelabuhan Kuala Enok dan kawasan Kuala Cenaku (Rengat).

Baca juga: Info Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jadwal Kapal, dan Tiketnya

Jadwal Kapal Pelabuhan Tembilahan

Dari beberapa rute kapal yang ada di pelabuhan ini, rute paling ramai adalah dari Pelabuhan Tembilahan ke Batam melalui Sekupang atau Harbourbay kemudian tujuan Tanjung Pinang, dan rute menuju ke Tanjung Balai Karimun.

Merangkum berbagai sumber, penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Tembilahan Riau sangat mengandalkan kapal cepat atau speedboat untuk tujuan seperti Batam, Tanjung Balai, hingga Tanjung Pinang.

Jadwal kapal tersebut disesuailkan dengan operator kapal, lantaran di pelabuhan ini ada banyak operator kapal speedboat yang beroperasi.

Jadwal keberangkatan maupun harga tiketnya bisa ditanyakan langsung pada loket yang berada di dalam area Pelabuhan Tembilahan maupun agen. Namun rata-rata, jam keberangkatannya tersedia pada pagi hari setiap harinya.

Baca juga: Info Pelabuhan Tribuana, Jadwal Kapal, dan Tarif Tiket ke Nusa Penida

Misalnya saja kapal speedboat Reni Fadhila yang melayani rute Pelabuhan Tembilahan ke Batam pada setiap Senin, Rabu, dan Sabtu pada setiap pukul 10.30.

Kapal lain rute Pelabuhan Tembilahan ke Batam seperti kapal Tobindo Ekpress dan kapal Rahmat Jaya. Dua kapal ini berlayar secara bergantian.

Kapal Tobindo Ekpres berlayar 3 kali dalam seminggu dan kapal Rahmat Jaya 4 kali dalam sepekan.

Dari dua agen itu, dijadwalkan setiap hari ada satu kapal yang akan berlayar dari Pelabuhan Domestik Sekupang Batam menuju ke Pelabuhan Tembilahan atau sebaliknya.

Adapun harga tiket Pelabuhan Tembilahan ke Batam maupun sebaliknya bervariasi antara Rp 220.000 sampai Rp 450.000.

Kemudian kapal speedboat milik Trubuk Ekspress rute Tembilahan ke Tanjung Pinang berangkat setiap Senin, Rabu, dan Sabtu.

Dari Pelabuhan Tembilahan Riau ke Batam ada beberapa operator kapal yang melayani dengan speedboat atau kapal cepat.Kompas.com/ Aji YK Putra Dari Pelabuhan Tembilahan Riau ke Batam ada beberapa operator kapal yang melayani dengan speedboat atau kapal cepat.

Baca juga: Info Pelabuhan Ambarita, Tarif Tiket, dan Jadwal Kapal ke Ajibata

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com