Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Rasau Jaya: Rute, Tarif Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Kompas.com - 20/07/2023, 16:36 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Rasau atau juga biasa disebut dengan Pelabuhan Rasau Jaya adalah akses perairan yang sangat penting di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar).

Di Pelabuhan Rasau ini, tersedia beragam macam angkutan penyeberangan seperti kelotok (motor air), perahu cepat (speedboat), hingga kapal ferry.

Dari Pelabuhan Rasau Jaya, masyarakat bisa menuju ke sejumlah daerah pesisir di Kabupaten Kubu Raya hingga Kecamatan Taluk Batang yang masuk wilayah Kabupaten Kayong Utara.

Sesuai namanya, Pelabuhan Rasau Jaya berada di wilayah Desa Rasau Jaya 1, Kecamatan Rasau Jaya. Kawasan Pelabuhan Rasau ini juga terdapat semacam pasar yakni Pusat Bisnis KTM Rasau Jaya dan serta beberapa lapak pedagang yang berjualan di bangunan semi-permanen.

Selain kantor pengelola dari Dinas Perhubungan, fasilitas umum lainnya di Pelabuhan Rasau yaitu tempat parkir. Terdapat pula dua jenis tempat parkir, yaitu tempat parkir umum dan tempat parkir inap.

Baca juga: Profil dan Sejarah Pelabuhan Boom Baru Palembang

Tiket dan jadwal kapal Pelabuhan Rasau Jaya

Ada beberapa rujuan yang dilayani moda transportasi perairan di Pelabuhan Rasau. Salah satu rute paling gemuk adalah tujuan Teluk Batang di Kayong Utara.

Pelabuhan Rasau ke Teluk Batang

Mengutip berbagai sumber, untuk moda kapal ferry, jadwal dari Pelabuhan Rasau menuju ke Teluk Batang adalah setiap hari pukul 16.00 WIB. Jadwal tersebut bisa berubah-ubah sewaktu-waktu.

Dari Pelabuhan Rasau Jaya menuju ke Teluk Batang biasanya ditempuh dalam waktu 10 jam lantaran jarak tempuhnya yang lumayan jauh.

Untuk penumpang tanpa membawa kendaraan, tarif tiketnya menuju Teluk Batang adalah sebesar Rp 65.000, sementara untuk anak usia di bawah 2 tahun adalah Rp 35.000.

Baca juga: Info Pelabuhan Manado: Rute, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Sementara bagi penumpang dengan membawa kendaraan, maka tarif yang berlaku adalah sesuai dengan jenis golongan kendaraannya.

Berikut tarif kapal ferry Pelabuhan Rasau menuju ke Teluk Batang sesuai dengan jenis kendaraannya:

  • Golongan I (sepeda kayuh): Rp 75.000
  • Golongan II (sepeda motor kurang dari 500cc): Rp 125.000
  • Golongan III (sepeda motor besar 500cc ke atas): Rp 245.000
  • Golongan IVa (mobil dan sedan penumpang kurang dari 5 meter): Rp 840.000

Pelabuhan Rasau ke ke Pinang

Berbeda dengan ke Teluk Batang yang relatif jauh, tujuan ke Pinang hanya berjarak sekitar 6 kilometer sehingga perjalannnya hanya ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

Kapal yang menuju ke Pinang berangkat setiap hari yang dimulai dari jam 07.00 pagi hingga pukul 15.00 sore. Di mana rute ini dilayani kapal klotok yang keberangkatannya menyesuaikan dengan keterisian.

Harga tiket ke Pinang juga relatif murah yakni tak sampai Rp 10.000 tanpa kendaraan. Itulah informasi seputar Pelabuhan Rasau Jaya, semoga bermanfaat.

Dari Pelabuhan Rasau Jaya, masyarakat bisa menuju tujuan Teluk Batang atau Pinang.dok Basarnas Pontianak Dari Pelabuhan Rasau Jaya, masyarakat bisa menuju tujuan Teluk Batang atau Pinang.

Baca juga: Info Pelabuhan Siwa Wajo, Tiket, dan Jadwal Kapal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com