Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Tobaku Kolaka, Tiket, dan Jadwal Kapal

Kompas.com - 19/07/2023, 13:50 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Tobaku adalah akses transportasi penting di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Tujuan paling ramai dari pelabuhan ini adalah menuju ke Siwa di Kabupaten Wajo.

Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara pengelolaannya diambil alih oleh Kementerian Perhubungan pada tahun 2019, tepatnya berada di bawah Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVIII Sulawesi Tenggara.

Saat musim mudik, Pelabuhan Kolaka Utara akan sangat ramai mengingat lalu lintas penyeberangan dari Kolaka Utara menuju ke Wajo yang masuk wilayah Sulawesi Selatan ini relatif padat.

Jadwal kapal Pelabuhan Tobaku

Lintas penyeberangan dari Pelabuhan Tobaku menuju ke Siwa dilayani oleh kapal jenis ro-ro, yaitu KMP Merak yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bajoe.

Baca juga: Profil Pelabuhan Tanjung Buton Siak Riau

Kemudian kapal lainnya yakni KMP New Rose dan KMP New Camellia. Dua kapal ini dioperasikan perusahaan swasta PT Afta Trans Mandiri. Kapal lainnya yakni KM Exppres Bahari 88 yang dikelola PT Belibis Putra.

Mengutip laman resmi Diskominfo Kabupaten Kolaka Utara, jadwal kapal dari Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara ke Siwa Wajo adalah setiap hari.

Namun untuk jam keberangkatannya bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing operator kapal.

Misalnya saja untuk KMP Rose berangkat dari Pelabuhan Kolaka Utara setiap pukul 08.00 pagi, KMP Camelia setiap jam 13.00 siang, dan KMP Merak setiap pukul 16.00.

Baca juga: Profil dan Sejarah Pelabuhan Boom Baru Palembang

Untuk kapal ferry ASDP harga tiketnya adalah Rp 53.000 untuk penumpang dewasa dan Rp 5.200 untuk penumpang anak di bawah 2 tahun.

Apabila membawa kendaraan, maka tarifnya dihitung dari jenis golongannya. Berikut tarif kendaraan yang berlaku di Pelabuhan Tobaku:

  • Golongan I (sepeda kayuh) Rp 60.000
  • Golongan II (sepeda motor kurang dari 500 cc dan gerobak dorong) Rp 105.000
  • Golongan III (sepeda motor besar lebih dari 500 cc dan kendaraan roda tiga) Rp 211.000
  • Golongan IVa yaitu kendaraan penumpang (jeep, sedan, minibus, dengan ukuran sampai 5 meter) Rp 804.000
  • Golongan IVb yakni kendaraan barang (mobil barang berupa mobil bak muatan terbuka, mobil bak muatan tertutup dan mobil barang kabin ganda dengan panjang sampai dengan 5 meter) Rp 833.000
  • Golongan Va yakni kendaraan penumpang (kendaraan bermotor untuk penumpang berupa mobil bus dengan panjang lebih dari 5 meter sampai dengan 7 meter) Rp 1.384.000
  • Golongan Vb yaitu kendaraan barang (mobil barang truk/tangki ukuran sedang dengan panjang lebih dari 5 meter sampai dengan 7 meter) Rp 1.422.000
  • Golongan VIa yakni kendaraan penumpang (kendaraan bermotor untuk penumpang berupa mobil bus dengan panjang lebih dari 7 meter sampai dengan 10 meter) Rp 1.870.000
  • Golongan VIb yaitu kendaraan barang (mobil barang truk/tangki ukuran sedang dengan panjang lebih dari 5 meter sampai dengan 7 meter dan sejenisnya, dan mobil penarik tapa gandengan) Rp 1.858.000
  • Golongan VII (mobil barang truk tronton, mobil tangki, mobil penarik berikut gandengan serta kendaraan alat berat dengan ukuran panjang lebih dari 10 meter sampai dengan 12 meter) Rp 2.780.000
  • Golongan VIII (mobil barang truk tronton, mobil tangki, kendaraan alat berat, dan mobil penarik berikut gandengan dengan ukuran panjang lebih dari 12 meter sampai dengan 16 meter) Rp 3.060.000
  • Golongan XI (mobil barang truk tronton, mobil tangki, kendaraan alat berat, dan mobil penarik berikut gandengan dengan ukuran panjang lebih dari 16 meter) Rp 3.755.000.

Apabila menggunakan kapal cepat fiber, harga tiketnya untuk rute Pelabuhan Tobaku ke Siwa lebih mahal. Rinciannya VIP Rp 115.000, ekonomi Rp 80.000 sampai Rp 95.000, dan anak Rp 40.000 sampai Rp 50.000.

Itulah informasi seputar Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara. Semoga bisa membantu perjalanan Anda.

Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara menuju ke Siwa juga dilayani kapal ferry dari ASDP. Kemudian pilihan lainnya dari Pelabuhan Kolaka Utara adalah kapal fiber namun tiketnya lebih mahal.ANTARA FOTO/KORNELIS KAHA Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara menuju ke Siwa juga dilayani kapal ferry dari ASDP. Kemudian pilihan lainnya dari Pelabuhan Kolaka Utara adalah kapal fiber namun tiketnya lebih mahal.

Baca juga: Info Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tiket, dan Jadwal Kapal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com