Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Teluk Nibung, Tiket, dan Jadwal Kapal ke Malaysia

Kompas.com - 21/07/2023, 13:26 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Teluk Nibung atau juga biasa dikenal dengan Pelabuhan Tanjung Balai Asahan adalah salah satu akses transportasi paling sibuk di Sumatera Utara.

Pelabuhan Tanjung Balai sejatinya sudah ada sejak era Kesultanan Asahan pada 1930. Lokasinya yang berada di muara Sungai Asahan, membuat Teluk Nibung Tanjung Balai cukup ramai untuk aktivitas perdagangan sejak dulu.

Setelah Indonesia merdeka, pengelolaan Pelabuhan Teluk Nibung kemudian beralih sebagai perusahaan jawatan sbeelum kemudian asetnya diserahkan ke BUMN PT Pelindo I (Persero), kini menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Mengutip laman resmi Pelindo, aktivitas utama Pelabuhan Tanjung Balai saat ini adalah sebagai terminal penumpang dan kargo. Tersedia juga kapal dengan rute dari Tanjung Balai ke Malaysia.

Baca juga: Rusia Bombardir Pelabuhan Ukraina, Ancam Kapal yang Menuju ke Sana

Penumpang dari Pelabuhan Tanjung Balai Asahan yang hendak ke Negeri Jiran nantinya bisa mengambil kapal dengan rute menuju Pelabuhan Port Klang, Port Dickson, dan Perak.

Dari Teluk Nibung Tanjung Balai, komoditas utama yang diekspor ke Malaysia adalah sayur, pisang, dan ubi yang berasal dari daerah sekitar di Sumatera Utara dan Aceh.

Jadwal kapal Pelabuhan Teluk Nibung

Dari Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, masyarakat bisa bepergian ke Malaysia. Salah satunya ke Port Dickson yang ada di Negeri Sembilan.

Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan menuju ke Port Dickson adalah 3 kali dalam sepekan yakni Senin, Rabu, dan Jumat pada setiap pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Info Pelabuhan Rasau Jaya: Rute, Tarif Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Sementara keberangkatan dari Port Dickson menuju ke Teluk Nibung Tanjung Balai adalah setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu setiap pukul 12.00 WIB.

Mengutip Tribun Medan, harga tiket dari Tanjung Balai ke Malaysia adalah Rp 1.150.000 untuk reguler dan Rp 1.200.000 untuk kelas VIP. Tarif ini belum termasuk boarding pass pelabuhan sebesar Rp 70.000.

Yang perlu ketahui, jadwal keberangkatan kapal dari Tanjung Balai ke Malaysia bisa berubah-ubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan kebijakan operator kapal dan otoritas pelabuhan.

Itulah informasi seputar Pelabuhan Teluk Nibung atau Pelabuhan Tanjung Balai. Semoga bisa membantu.

Pelabuhan Teluk Nibung sudah lama dipakai untuk sandar kapal yang mengangkut komoditas ke Malaysia. Selain itu di Pelabuhan Tanjung Balai juga terdapat kapal penumpang Port Dickson.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pelabuhan Teluk Nibung sudah lama dipakai untuk sandar kapal yang mengangkut komoditas ke Malaysia. Selain itu di Pelabuhan Tanjung Balai juga terdapat kapal penumpang Port Dickson.

Baca juga: Info Pelabuhan Manado: Rute, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com