Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut ke Afrika, Sandiaga Uno Jadi Menko Marves Ad Interim

Kompas.com - 21/08/2023, 05:06 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim.

Hal tersebut karena Luhut B. Pandjaitan yang menjabat sebagai Menko Marves sedang melakukan kunjungan kerja ke Afrika selama 8 hari, mulai 19-26 Agustus 2023.

"Dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim selama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melakukan perjalanan dinas ke luar negeri," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam surat penunjukkan nomor B-795/M/D-3/AN.00.03/08/2023.

Baca juga: Beri Contoh Demplot di Sumut, Jubir Luhut Jelaskan Perkembangan Proyek Food Estate

Sementara itu, Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan, pimpinannya ini baru saja berangkat dari Indonesia menuju Nairobi, Republik Kenya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jodi turut melakukan perjalanan dinas keliling Afrika menemani Luhut. "Ini beliau (Luhut) sekarang masih di pesawat menuju Nairobi," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (20/8/2023).

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai Minggu (20/8/2023), melakukan kunjungan kerja ke Afrika.

"Kami akan berkunjung ke empat negara, yaitu ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan, dan ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai Presiden ke kawasan Afrika," ujar Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Terkait negara yang akan dikunjungi, Presiden menyampaikan bahwa Kenya dan Tanzania telah menunjukkan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia.

Sedangkan Mozambik merupakan negara Afrika pertama yang memiliki preferential trade agreement (PTA) dengan Indonesia.

Sementara kunjungan ke Afrika Selatan, lanjut Presiden, untuk memenuhi undangan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2023. Presiden dan rombongan dijadwalkan untuk tiba di Indonesia pada tanggal 25 Agustus 2023.

Baca juga: Peringatan Luhut untuk Pabrik Penyumbang Polusi Udara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com