Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Elon Musk Bakal ke Indonesia, Tertarik Bangun Internet Murah Starlink

Kompas.com - 15/08/2023, 05:09 WIB
Erlangga Djumena

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pendiri Tesla Inc dan Space X Elon Musk bakal datang ke Indonesia.  Luhut menyebut, salah satu orang terkaya di dunia itu tertarik untuk mengembangkan internet murah di Indonesia.

"Kami juga berdiksusi terkait ketertarikan Elon untuk bekerja sama membangun jaringan internet murah di timur Indonesia lewat satelit Starlink-nya yang populer itu," ujar Luhut dikutip dari video yang dibagikan di Instagram @luhut.pandjaitan, Senin (14/8/2023).

Luhut menyebutkan, bila internet murah Starlink tersebut ini terwujud maka manfaatnya sangat besar bagi Indonesia.

"Misalnya; infrastruktur kesehatan seperti akses internet di puskesmas daerah terpencil bisa membantu tenaga kesehatan melaporkan data-data faskes secara real time. Selain itu, layanan pendidikan juga akan bisa diakses oleh para pelajar di Indonesia bagian timur sehingga akses pendidikan yang setara dan merata di Indonesia bisa kita wujudkan," sebut Luhut dalam Instagramnya.

Baca juga: Bertemu Elon Musk, Luhut Sebut Tesla Tunda Investasi di Indonesia

"Untuk itu, saya mengundang Elon agar bisa datang ke Indonesia dan dia menyanggupinya," lanjut dia.

Dalam videonya, Luhut menyebutkan, dirinya mengundang salah satu orang terkaya di dunia itu ke Indonesia untuk dua agenda.

"Yang pertama status Starlink, kalau semua prosesnya kita selesaikan, sedang kita teliti," katanya.

"Yang kedua, dia mau investasi di pembuatan bahan-bahan untuk lithium battery. Dia sudah berbicara berkali-kali dengan timnya dan sebelum saya kembali juga (ke Indonesia), timnya (Elon Musk) sudah sepakat tidak MoU langsung pada agreement untuk mereka investasi di sini," lanjutnya.

Adapun mengenai angka investasi, Luhut meminta untuk menunggu sampai Elon datang ke Jakarta.

"Nilai investasinya cukup besar juga. Nanti kita tunggu saja waktu Elon datang kemari, ya kira-kira antara September akhir atau Oktober tahun ini," ucapnya.

Tunda investasi Tesla

Luhut sendiri baru saja kembali dari kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS). Selama di Negeri Paman Sam, dia bertemu dengan Elon Musk untuk menagih janji investasi Tesla Inc ke Tanah Air.

Dalam pertemuan tersebut menurut Luhut, Elon mengungkapkan untuk menunda investasi pembangunan pabrik mobil listrik di Indonesia.

"Pertemuan ini menjadi agenda utama kunjungan saya ke Negeri Paman Sam. Kurang lebih dua setengah jam lamanya kami berdiskusi terkait perkembangan ekonomi Indonesia, serta kondisi terkini Tesla Inc yang ternyata saat ini sedang menunda investasi di negara manapun," sebut Luhut.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini mengungkapkan dua hal yang jadi penyebabnya penundaan investasi tersebut yakni overproduksi dan kondisi ekonomi global yang kurang baik. (Penulis : Ade Miranti Karunia | Editor : Akhdi Martin Pratama)

Baca juga: Luhut Bakal ke California Temui Elon Musk, Tagih Realisasi Investasi Tesla

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com