Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi Tinggi dan Menggeliatnya Investasi Bikin Karawang Dilirik Developer Perumahan Mewah

Kompas.com - 28/08/2023, 16:34 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Sejumlah developer perumahan mewah melirik Karawang, Jawa Barat yang terletak di koridor timur Jakarta lantaran pertumbuhan ekonominya tertinggi di Jawa Barat dan realisasi investasinya terus menggeliat.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menjamin keamanan investasi di daerahnya. Sehingga, laju pertumbuhan ekonomi (LPE) di Karawang mencapai 6,33 persen lebih tinggi dibandingkan dengan LPE Jawa Barat sebesar 5,45 persen dan Pusat sebesar 5,33 persen pada 2022.

Investasi di Karawang juga terus menggeliat. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang, Jawa Barat mencatat realisasi investasi hingga Semester I 2023 mencapai Rp 22,36 triliun. Capaian itu menempati posisi kedua realisasi investasi di Jawa Barat setelah Kabupaten Bekasi, yakni sebesar Rp 26, 47 triliun.

Baca juga: Tak Ada Akses Jalan, Operasional Stasiun Kereta Cepat di Karawang Berpotensi Molor 6 Bulan

Sektor perumahan menempati posisi keempat realisasi investasi di Karawang pada semester 1 2023 bersama kawasan industri dan perkantoran. Meskipun perumahan subsidi lah yang mendominasi realisasi investasi sektor properti, perumahan mewah juga ambil bagian.

Hal ini juga didukung konektivitas Karawang yang memadai. Mulai dari akses tol Jakarta - Cikampek, tol Layang MBZ, tol Japek Selatan, dan adanya Stasiun Kereta Cepat di Karawang. Juga dekat dengan Bandara Soekarno - Hatta dan Pelabuhan Patimban di Subang.

Baca juga: Kemenperin Bantah Pabrik Kertas di Karawang Setop Operasi karena Picu Polusi Udara

Lantas, siapa saja pengembang perumahan mewah yang lirik Karawang? 

Pertama ada Agung Podomoro Land yang mengembangkan perumahan Grand Taruma, Kota Kertabumi, dan teranyar Parkland Podomoro Karawang yang diresmikan pada Sabtu (26/8/2023) malam. Ketiganya berada di Jalan Kertabumi dan Jalan Tarumanegara pada menuju gerbang tol Karawang Barat.

Parkland Podomoro Karawang diklaim memiliki konsep yang tak dimiliki developer lain yang dibangun di atas lahan seluas 130 hektar.

Direktur Marketing Agung Podomoro Land, Agung Wirajaya mengatakan, Parkland Podomoro Karawang sebagai bagian dari PT Agung Podomoro Land (Tbk), mengundang semua pihak untuk meresmikan proyek properti terbarunya yang menawarkan gaya hidup modern dengan sentuhan alam yang memukau.

“Untuk itu kami sangat bangga dapat mengambil peranan dan turut membangun Karawang. Grand Launching ini menandai komitmen kami dalam membawa kemajuan dan inovasi ke kota ini,” kata Agung dalam rilis.

Baca juga: Prospek Pasar Properti di Karawang Diprediksi Masih Moncer, Milenial Jadi Target Pasar

Marketing GM Parkland Podomoro Karawang Tedi Guswana mengatakan, Parkland Podomoro Karawang yang merupakan Masterpiece Agung Podomoro di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, merupakan destinasi hunian baru yang mengutamakan kenyamanan dan ketenangan tempat tinggal selaras dengan alam.

Selain menghadirkan area terbuka hijau hampir 50 persen dan Botanical Garden seluas 1 hektar, perumahan ini juga menyediakan sejumlah fasilitas. Seperti function hall, bowling arena, rooftop tennis court, fitness center, private cinema, kawasan komersial, dan akan dibangun rumah sakit jantung.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com