Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Jago Manfaatkan AI untuk Pendaftaran Rekening Nasabah

Kompas.com - 30/08/2023, 16:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank digital PT Bank Jago Tbk (Bank Jago) mempermudah pengalaman nasabah dalam pembukaan rekening dengan menggandeng penyedia verifikasi identitas digital dan manajemen risiko ADVANCE.AI.

Dengan menggunakan electronic know your customer (eKYC) berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), verifikasi identitas digital dan layanan pendaftaran nasabah dapat dilakukan, serta memenuhi standar keamanan dan kepatuhan.

Melalui solusi eKYC, ADVANCE.AI menyederhanakan pendaftaran nasabah dan menjaga identitas nasabah. Perusahaan juga akan mencegah aktivitas penipuan yang berasal dari eksploitasi teknologi.

Head of Consumer Business Customer Value Management Bank Jago Irene Santoso mengatakan, kerja sama dengan ADVANCE.AI sendiri telah dilakukan sejak 2019.

Baca juga: Dirut Bank Jago Arief Harris: Buat Apa Injek Gas Dalam kalau Tahu di Depan Ada Jurang...

Dalam realitanya, proses pendaftaran rekening nasabah ini dapat dilakukan otomatis seluruhnya melalui aplikasi. Namun, misalnya pendaftaran tidak berhasil, perusahaan juga menyediakan langkah lanjutan berupa video KYC.

Langkah pengenalan nasabah ini disebut berdampak pada peningkatan jumlah pengguna Bank Jago. Tak hanya itu, kerja sama ini juga dapat menekan ongkos akuisisi nasabah, sehingga nasabah punya kesempatan mendapatkan keuntungan lainnya.

"Impact-nya, tahun lalu nasabah aplikasi Bank Jago tumbuh cepat, sudah double, dari 3 juta jadi 6,7 juta sampai saat ini," kata dia dalam konferensi pers, Rabu (30/8/2023).

Solusi eKYC ADVANCE.AI sendiri mengintegrasikan berbagai fitur, seperti OCR (optical character recognition), deteksi keaktifan, dan perbandingan wajah ke dalam proses pembukaan rekening yang dilakukan Bank Jago.

Baca juga: Pendapatan Bunga Tumbuh Double Digit, Laba Bersih Bank Jago Melonjak 40 Persen

Dalam kesempatan yang sama, Country Manager Indonesia ADVANCE.AI Ronald Molenaar mengungkapkan, proses yang end-to-end melalui aplikasi digital dapat menjangkau dalam kaitannya dengan pendaftaran rekening perbankan.

Namun begitu, ia juga memiliki fasilitas eKYC yang berbeda untuk pendaftaran kredit konsumen dan pengajuan kartu kredit, termasuk pengecekan dokumen. Hal tersebut dilakukan untuk memitigasi potensi gagal bayar yang dapat terjadi di kemudian hari.

"Karena kalau lolos mereka banyak fraudster kan bahaya ya, kalau bank account saja ya sudah dia taruh uang cukup aman," jelas dia.

Dengan memanfaatkan kekuatan AI, analisis data, serta kemampuan pemantauan transaksi secara real-time, ADVANCE.AI dapat membantu verifikasi identitas, autentikasi dokumen identitas, memeriksa keberadaan individu, menandai individu yang terkena sanksi atau terdaftar dalam AML, dan mengidentifikasi individu dengan risiko kredit yang tinggi.

Sebagai informasi, sampai dengan kuartal II-2023, Bank Jago telah melayani total lebih dari 8,3 juta nasabah, termasuk 6,7 juta nasabah funding.

Baca juga: RUPS Bank Jago Angkat Arief Harris Jadi Direktur Utama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com