BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Kartu Debit BCA Kedaluwarsa? Berikut 3 Cara Ganti Kartu Debit Baru

Kompas.com - 01/09/2023, 18:03 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kartu debit atau kartu anjungan tunai mandiri (ATM) dikeluarkan perbankan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses beragam transaksi, seperti tarik tunai, setor tunai, transfer, hingga pembayaran berbagai tagihan, serta berbelanja di online dan offline merchant.

Karena fungsi-fungsi tersebut, kartu debit sudah menjadi layanan perbankan yang wajib dimiliki saat membuka rekening. Terlebih, kepemilikan kartu debit dapat mengurangi pengguna membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Di samping kemudahan yang ditawarkan, pengguna juga perlu mengetahui bahwa kartu debit memiliki masa expired atau kedaluwarsa.

Kartu Debit BCA yang diterbitkan PT Bank Central Asia Tbk atau Bank BCA, misalnya, memiliki masa kedaluwarsa yang dapat diketahui pada tulisan “valid thru” serta empat angka yang menunjukkan bulan dan tahun (bb/tt) di kartu.

Baca juga: Lebih Mudah Jadi Nasabah BCA, Ini Cara Buka Tabungan di myBCA

Sebagai contoh, jika Kartu Debit BCA tertera angka valid thru 12/26, berarti masa kedaluwarsanya adalah Desember 2026.

Selepas masa tersebut, nasabah tidak dapat melakukan transaksi apapun dengan kartu ini. Setiap aktivitas transaksi melalui ATM BCA atau electronic data capture (EDC) BCA menggunakan Kartu Debit BCA pasti ditolak atau diblokir.

Nasabah perlu mengganti Kartu Debit BCA yang hampir atau telah kedaluwarsa dengan kartu baru. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Mesin CS Digital

Untuk mengganti Kartu Debit BCA yang hampir atau sudah kedaluwarsa, Anda dapat menggunakan layanan mesin Customer Service (CS) Digital dari Bank BCA.

Baca juga: Bikin Transaksi Lebih Mudah, Ini Cara Aktivasi myBCA

CS Digital memberikan kemudahan kepada nasabah untuk mengganti Kartu Debit BCA.

Cara mengganti Kartu Debit BCA via CS Digital pun mudah. Anda hanya perlu datang ke cabang BCA terdekat yang memiliki mesin CS Digital. Kemudian, klik menu "Kartu", lalu pilih "Ganti Kartu", dan ikuti proses selanjutnya.

2. Kantor cabang BCA

Cara kedua adalah datang langsung ke Cabang BCA terdekat. Penggantian Kartu Debit BCA  dapat dilakukan di seluruh Cabang BCA.

Untuk mendapat layanan tersebut, Anda cukup membawa dokumen persyaratan seperti kartu ATM yang sudah kedaluwarsa, buku tabungan dan KTP asli, lalu sampaikan kepada pihak pelayanan pelanggan terkait keperluan untuk mengganti Kartu Debit BCA. Selanjutnya, petugas akan memproses pengajuan ganti kartu tersebut.

Baca juga: Waspada Bahaya “Malware”, Berikut 6 Tips Keamanan agar Terhindar dari Kejahatan Siber

3. BCA mobile

Cara berikutnya untuk mengganti Kartu Debit BCA adalah menggunakan aplikasi BCA mobile. Langkah pertama, login ke BCA mobile Anda. Lalu, klik menu “Akun Saya” di pojok kanan bawah.

Setelah itu, klik opsi “Ganti Kartu”.  Layanan ganti kartu di BCA mobile baru bisa diakses pada: 3 bulan sebelum masa berlaku Kartu Debit BCA habis, atau saat Kartu Debit BCA sudah kedaluwarsa, atau jika Kartu Debit BCA masih magnetic stripe (belum chip).

Selanjutnya, pilih kartu dan pilih alamat pengiriman kartu Anda, serta isi lengkap alamat. Terakhir, masukan PIN m-BCA. Setelah proses selesai, kartu akan dikirimkan ke alamat yang dicantumkan.

Adapun penggantian Kartu Debit BCA tidak dikenakan biaya alias gratis selama dalam kurun waktu 3 bulan sebelum kartu kedaluwarsa. Khusus penggantian kartu melalui BCA mobile, nasabah akan dikenakan biaya ongkos kirim.

Baca juga: Jadi Solusi Beli Rumah dan Kendaraan Impian, BCA Expoversary 2023 Juga Berlangsung secara Online

Setelah dapat kartu baru, jangan lupa untuk melakukan pembaharuan data Kartu Debit BCA yang Anda daftarkan di berbagai online merchant dengan Kartu Debit BCA baru. 

Itulah cara ganti Kartu Debit BCA yang akan atau sudah kedaluwarsa. Mudah bukan? Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara mudah ganti Kartu Debit BCA, silakan klik tautan berikut.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com