Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan AI dan "Machine Learning" Agen BlibliCare Cepat Respons Pertanyaan Pelanggan

Kompas.com - 02/09/2023, 08:30 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - BlibliCare, layanan pelanggan 24/7 Blibli (PT Global Digital Niaga Tbk/BELI) sebagai garda terdepan perusahaan, cepat merespons chat dan telepon pelanggan kurang dari 20 detik.

Pertanyaan seperti, “Kira-kira facial wash apa yang cocok dengan kulit saya?” bisa dicarikan solusinya dengan mudah. Demikian dengan pertanyaan lain, dijawab dengan baik, kapanpun dibutuhkan.

Upaya ini tak lepas dari inovasi teknologi yang berkelanjutan pada operasional Blibli, termasuk pemanfaatan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) yang membantu agen BlibliCare dalam memberikan solusi optimal kepada setiap pelanggan.

Baca juga: Coaching dan Kolaborasi Jadi Kunci Pengembangan Potensi Mitra Penjual Blibli

Selain dibantu AI dan ML, ratusan agen BlibliCare juga melayani pertanyaan hingga keluhan pelanggan dengan menjunjung tinggi empati, seraya memastikan kebutuhan, kenyamanan, dan kepuasan pelanggan terpenuhi, adalah bagian dari DNA Blibli sejak pertama kali berdiri lebih dari satu dekade silam.

BlibliCare siap menjadi telinga yang baik untuk merekomendasikan solusi customer-centric kepada pelanggan melalui ekosistem omnichannel Blibli yang inklusif.

BlibliCare kini telah dioperasikan dalam 6 kanal oleh sekitar 100 seats, serta melayani lebih dari 4.000 pelanggan setiap harinya.

“Komitmen ini mendorong setiap agen BlibliCare untuk memberi nilai lebih dari setiap layanan yang diberikan kepada pelanggan demi terciptanya pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli," kata Lisa Widodo, Chief Operating Officer Blibli, melalui keterangan pers, Jumat (1/9/2023).

Baca juga: Ini Produk Terlaris di Blibli Annive12sary

Bahkan, upaya tersebut telah ditanamkan sejak awal perekrutan, dimana Blibli melatih para calon agen terkait selama 22 hari kerja untuk mendalami tugas agen BlibliCare dengan materi pelatihan sebesar 40 persen mencakup pengetahuan produk dan 60% tentang bermain peran (roleplay).

Rasio materi roleplay diberikan lebih besar demi memastikan kesiapan calon agen BlibliCare untuk berbicara dengan pelanggan di segala situasi. Jika lolos evaluasi, para calon agen kemudian diarahkan melakukan on-job-training (OJT) untuk meraih target nilai tertentu dalam rentang waktu 3 bulan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com