Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan Jokowi, Renovasi TMII Telan Dana Rp 1,1 Triliun

Kompas.com - 02/09/2023, 07:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan, total renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mencapai Rp 1,1 triliun.

Anggaran tersebut dia sampaikan dalam peresmian renovasi TMII yang langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Jumat (1/9/2023) malam.

"Total renovasi yang sudah dilakukan atas sumbangsih Kementerian PUPR sebesar Rp 1,1 triliun. Lalu, kami bersama dengan BUMN InJourney, kita juga menginvestasikan kurang lebih Rp 200 miliar untuk beautifikasi," paparnya dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Harga Tiket TMII Rp 25.000, Tidak Naik Pasca-revitalisasi

Selain itu, Erick juga menjabarkan filosofi TMII. Filosofi pertama yakni jadikan TMII sebagai tempat bersejarah.

"Kita bisa lihat bahwa kemegahan Taman Mini sendiri ada empat filosofi yang dibangun. Satu yaitu bagaimana Taman Mini ini kita kembalikan menjadi tempat yang tentu bersejarah tetapi meninggalkan kekuatan bangsa kita yaitu Pancasila," ucapnya.

Filosofi kedua, ingin menjadikan wahana hiburan masyarakat ini menerapkan ramah lingkungan. Termasuk keinginan agar masyarakat menggunakan kendaraan listrik ketika berkunjung ke TMII.

"Kedua, tentu green, hijau. 70 persen dari Taman Mini ini tetap kita teruskan hijau dan kedepan untuk kendaraan yang masuk semuanya kita usahakan listrik. Seluruh lampu dan lain energi juga kita usahakan green," lanjut Erick.

Baca juga: Usai Revitalisasi Besar-besaran, TMII Bakal Grand Opening Awal September 2023

Berikutnya, kata eks Presiden Klub Sepakbola Inter Milan ini, ingin memodernisasi TMII melalui penggunaan teknologi. Mulai dari pembelian tiket hingga hiburan yang ditampilkan secara digital.

"Lalu kita lihat juga di sini kemodernan bangsa kita, di mana sistem yang dilakukan di sini serba teknologi. Mulai dari ticketing, nanti ada pemandangan yang kita paparkan serba digital semuanya," pungkas Erick.

Baca juga: Mengenal Kereta Layang di TMII yang Sering Dikira Monorel atau LRT

Delegasi KTT ASEAN Bakal ke TMII

Delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat wisata di Jakarta, salah satunya TMII, pada Rabu (6/9/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, TMII telah siap menyambut para delegasi tersebut.

"Nantinya akan ada spouses program yang ditujukan kepada pendamping para kepala negara atau pemerintahan yang digelar pada 6 September 2023 siang," tuturnya dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Rabu (30/8/2023).

Adapun spouses program direncanakan bertempat di panggung budaya yang menghadap Danau Archipelago TMII. Di lokasi tersebut, para delegasi bisa melihat miniatur pulau-pulau yang ada di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Baca juga: Kementerian BUMN Siapkan 10 Bus Listrik di TMII

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com