Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Proyek BUMN Mangkrak karena Proses EPC Berantakan

Kompas.com - 03/09/2023, 08:45 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN mengungkapkan banyak proyek mangkrak karena proses EPC (Engineering Procurement Construction) tidak rapi sehingga berujung masalah hukum.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan baru saja dirinya menyerahkan laporan keuangan ke BPK karena banyak sekali kasus terkait EPC di BUMN seperti PLN, Pertamina, Inalum, dan berbagai proyek lain yang pada tahap desainnya tidak rapi dan jadi bermasalah.

“Tolong nanti betul-betul siapa pun yang ditunjuk sebagai kontraktor proses perencanaan dan EPC dijalankan dengan baik, jangan sampai seperti kasus-kasus di masa lalu yang banyak sekali bermasalah,” ujarnya di Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Baca juga: Erick Thohir Jawab Kritik Utang Jumbo BUMN Rp 1.600 Triliun

Oleh karenanya, dalam pembangunan Jakarta Integrated Green Terminal (JIGT) yang dilakukan PT Pertamina International Shipping bersama PT Pelindo memperhitungkan fleksibilitas kontrak, perhitungan biaya, teknikal spek harus disusun dengan teliti dan baik.

“Sehingga tidak ada lagi isu-isu EPC, kita juga punya masalah di beberapa proyek karena perencanaan dan kontrak kita tidak tepat akhirnya proyeknya jadi tertunda dan berujung masalah hukum,” terangnya.

Baca juga: Luhut Pastikan Tidak Ada Proyek Mangkrak Sebelum Jabatan Jokowi Berakhir

Wamen BUMN menyatakan, Smelter Freeport di Gresik merupakan salah satu best practice EPC yang sudah selesai dikerjakan.

Dia berharap, proyek tersebut bisa menjadi contoh dalam mengembangkan proyek besar dengan perencanaan, commercial aggreement, legal aggreement, dan eksekusi di lapangan yang baik dan rapih.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah meminta 13 perusahaan pelat merah segera merampungkan proyek yang menggunakan penyertaan modal negara (PMN) karena menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Berdasarkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2022, BPK mengungkapkan adanya temuan proyek di 13 BUMN senilai Rp 10,49 triliun belum diselesaikan. (Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Herlina Kartika Dewi)

Baca juga: Wamen BUMN Buka-bukaan Proyek Kereta Cepat Sempat Nyaris Mangkrak

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul: Wamen BUMN Ungkap Sejumlah Proyek BUMN Mangkrak Karena EPC Bermasalah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com