Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Banyak Gangguan, KCI Masih Yakin Pesan Gerbong KRL dari INKA

Kompas.com - 04/09/2023, 19:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter akan tetap menggunakan kereta buatan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA di tengah terjadinya berbagai gangguan pada kereta LRT Jabodebek yang juga diproduksi INKA.

Selama sepekan LRT Jabodebek beroperasi, kereta buatan INKA dilaporkan masyarakat beberapa kali mengalami gangguan seperti pengereman terlalu kasar, pintu kereta tidak berhenti tepat di pintu peron stasiun, hingga pintu keret tidak bisa terbuka atau menutup.

VP Corporate Secretary KCI Anne Purba berharap untuk pengadaan kereta Commuterline atau KRL dari INKA tidak bermasalah seperti LRT Jabodebek lantaran teknologi yang digunakan berbeda.

"Teknologinya berbeda, semoga nanti KRL lebih baik," ujar Anne di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (4/9/2023).

Baca juga: Hari Kelima Beroperasi Pintu LRT Jabodebek Eror Lagi, Manajemen: Langsung Diperbaiki

Untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan di kemudian hari, selama proses pengadaan kereta baru ini PT KCI akan terus berkoordinasi dengan PT INKA.

"Kalau LRT saya kurang paham ya tapi kalau dari sisi KCI kan kita koordinasi terus lah. Dan dari sarana dan spesifikasinya kan pasti berbeda ya," ucapnya.

Baca juga: Libur Akhir Pekan Jajal LRT Jabodebek, Ini Daftar Tempat Wisata Dekat Stasiun yang Bisa Dikunjungi

 


Sebagai informasi, KCI telah berkontrak dengan PT INKA untuk pengadaan 16 rangkaian kereta atau trainset sarana KRL baru dalam rangka penambahan kapasitas. Adapun kereta baru ini akan dikirimkan secara bertahap selama 2025-2026.

Kemudian, untuk replacement dengan adanya rencana konservasi dilakukan dengan mendatangkan sarana KRL baru di 2024 sebanyak 3 trainset, retrofit 19 sarana KRL yang dimulai tahun ini dan mendatangkan 8 sarana KRL baru pada 2027.

Baca juga: LRT Jabodebek Sempat Gangguan, Jokowi: Jangan Bully Produk Kita Sendiri

Dengan demikian totalnya ada 24 trainset baru akan didatangkan dari PT INKA sampai 2027.

KAI Commuter bersama PT KAI (Persero) sebagai induk perusahaan secara rutin terus berkoordinasi dengan PT INKA mengenai proses pengadaan sarana melalui skema retrofit ataupun skema pengadaan sarana baru produksi PT INKA untuk memastikan seluruh proses pengadaan tersebut tidak menganggu operasional dan pelayanan Commuterline Jabodetabek.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Transit, Stasiun LRT Cawang Tak Terhubung dengan Stasiun KRL Cawang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com