BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Ikutan FOMO dan YOLO Tanpa Bikin Rekening Amblas, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 07/09/2023, 20:53 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comFear of missing out (FOMO) dan you only live once (YOLO). Dua istilah ini sudah tidak asing di telinga generasi Z yang lahir pada 1997-2012.

FOMO merujuk pada ketakutan tertinggal sebuah tren, sedangkan YOLO biasa dijadikan mantra untuk melakukan yang disukai karena hidup hanya sekali. Meski tampak tidak saling berhubungan, keduanya memengaruhi gaya hidup gen Z, terutama soal konsumsi.

Karena tak ingin ketinggalan tren atau ingin melakukan apa saja yang disukai, gen Z pun memiliki pola konsumtif yang cenderung impulsif. Dikutip dari laporan “Perilaku Keuangan Generasi Z dan Y” yang dirilis Katadata Insight Center (KIC) pada 2022, sebanyak 17,5 persen gen Z yang disurvei mengaku membeli barang yang diinginkan, meski kurang dibutuhkan.

Jumah tersebut lebih besar ketimbang generasi pendahulunya, yakni milenial. Hanya 11 persen responden milenial mengaku membeli barang keinginan.

Baca juga: Nasabah BRI Bisa Dapat Mobil Listrik di BRImo FSTVL 2023

Masih dari laporan yang sama, besaran pengeluaran rutin terkait gaya hidup dari gen Z juga lebih besar daripada milenial. Pengeluaran gen Z untuk jajan makan dan minum mencapai 31,4 persen dari total pengeluaran bulanan, sedangkan milenial hanya 25,1 persen.

Untuk fesyen dan aksesori, gen Z mengalokasikan 26,4 persen. Sementara, milenial hanya 14,3 persen. Kemudian, pengeluaran gen Z pada kategori hobi dan hiburan juga lebih besar dari milenial, yakni 13,4 persen berbanding 9 persen.

Khusus untuk pengeluaran liburan, milenial mengalokasikan lebih banyak, meski perbedaannya tipis, yakni 9,4 persen berbanding 9,3 persen.

Cerdik pilih promo

Sejatinya, gen Z tetap bisa menikmati gaya hidup dengan hemat. Kuncinya adalah melakukan perencanaan keuangan yang tepat. Dengan begitu, pengeluaran untuk konsumsi dapat terkendali.

Jika toh ingin melakukan pengeluaran untuk gaya hidup, sederet promo cashback dan voucer yang biasa disebar pada festival belanja angka kembar tiap bulan bisa dimanfaatkan.

Gen Z bisa cerdik memilih promo-promo tersebut dan menggabungkannya dengan promo lain. Promo-promo ini dapat menekan pengeluaran sehingga lebih hemat.

Baca juga: Soal Hapus Kredit Macet UMKM, Bos BRI: Tidak Berpengaruh, Mending Cari Nasabah Baru

Program promo dari lembaga perbankan tak boleh pula dilewatkan. Salah satunya dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Bank pelat merah ini sedang menyelenggarakan BRImo FSTVL.

Di BRImo FSTVL yang berlangsung mulai Selasa (1/8/2023) hingga Minggu (31/12/2023), nasabah BRI bisa menikmati cashback, beragam voucer, dan serta hadiah undian mobil listrik.

Untuk mendapatkan cashback 10 persen, nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran menggunakan scan QRIS BRI melalui BRImo.

Selain cashback, nasabah juga bisa mendapatkan voucher dan kupon undian dengan menukarkan BRIpoin. Untuk bisa menukarkan BRIpoin, nasabah diharuskan melakukan aktivasi BRIpoin melalui BRImo dan mengumpulkan BRIpoin untuk ditukarkan dengan berbagai voucher dan kupon undian di BRIpoin. Cara mendapatkan BRIpoin bisa dipelajari di laman berikut.

Terdapat promo spesial poin untuk penukaran voucer pada 12 subkategori, yakni electricity, entertainment, e-wallet, fashion and style, food and beverage, gadget and electronic, groceries, home living, hotel and travel, kid toys, marketplace, serta pulsa.

Ikut undian berhadiah

Tukarkan 100 BRIpoin menjadi 1 kupon undian melalui aplikasi BRImo. hadiah utama dari undian tersebut adalah 5 unit Mini Cooper Electric dan 10 unit MG 4 EV Ignite. Tiap nasabah hanya berhak mendapatkan satu hadiah undian. Pengundiannya sendiri dilakukan setelah periode program berakhir.

BRImo FSTVL sediakan promo dan hadiah menarik.Dok. BRI BRImo FSTVL sediakan promo dan hadiah menarik.

Untuk diketahui, Undian BRImo FSTVL dapat diikuti oleh seluruh nasabah perorangan, baik tabungan dan giro, yang memiliki dan menjaga ratas saldo bulanan minimal sebesar Rp 10 juta untuk nasabah tabungan dan nasabah giro minimal sebesar Rp 100 juta.

Baca juga: BRI Cetak Laba Rp 29,56 Triliun pada Semester I-2023

Nasabah yang memenuhi kriteria tersebut akan otomatis mendapatkan 1 kupon undian tanpa memotong poin nasabah. Rekening yang diikutsertakan dalam program adalah Tabungan BRI BritAma, BRI Junio dalam mata uang rupiah dan valas di luar instalment saving (Tabungan BRI BritAma Rencana dan Tabungan BRI Junio Rencana), Tabungan BRI BritAma Kerjasama dengan biaya administrasi minimal Rp 5.000, serta Rekening Tabungan BRI Simpedes dan Giro.

Perlu diketahui, BRI menanggung pajak pembelian barang hadiah (PPn) dan pajak undian. Sementara itu, pajak surat-surat kendaraan bermotor merupakan beban pemenang.

Yuk perbanyak transaksi pake BRImo, tingkatkan saldo, aktivasi BRIpoin untuk bisa dapetin banyak poin, dan tukarkan dengan banyak kupon undian agar dapetin kesempatan lebih besar menangin Mobil Listrik Keren dari #BRImoFSTVL!

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program BRImo FSTVL, nasabah dapat mengunjungi laman Instagram BRI @bankbri_id atau bbri.id/BRImoFSTVL.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com