Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atap Stasiun Halim Terbakar, Uji Coba Kereta Cepat Tetap Dilaksanakan Sesuai Jadwal

Kompas.com - 11/09/2023, 21:50 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan uji coba sarana kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tetap berjalan, meski pada dini hari tadi atap Stasiun Halim sempat terbakar.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, perjalanan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung hari ini, Senin (11/9/2023) dapat dilakukan dari Stasiun Tegalluar hingga ke Halim dan sebaliknya sesuai jadwal yang ditetapkan dengan aman dan lancar.

"Seluruh sarana dan prasarana KA Cepat dari Tegalluar hingga ke Halim tetap dapat beroperasi sesuai jadwal uji coba yang telah ditetapkan dan berlangsung aman tanpa kendala," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin.

Pasca insiden Stasiun Halim terbakar yang terjadi pukul 00.30 WIB tadi, pihaknya memastikan situasi di area Stasiun KCJB Halim seluruhnya juga dalam kondisi yang aman dan tidak ada gangguan.

Baca juga: Kapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Dipakai untuk Masyarakat Umum?

Selain itu, pihaknya juga memastikan Tidak ada kerusakan yang terjadi di area dalam maupun luar Stasiun Halim.

"KCIC memastikan bahwa saat ini seluruh fungsi fasilitas stasiun juga dapat berfungsi dangan baik dan seluruh pegawai dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa hambatan guna persiapan menuju operasional KA Cepat agar dapat dilakukan sesuai tahapan yang ditetapkan," jelasnya.

KCIC juga telah berkordinasi dengan WIKA sebagai kontraktor dan Pemadam Kebakaran Jakarta Timur untuk melakukan penanganan dan situasi dapat dikendalikan dengan baik.

Sebagai informasi, sebelumnya sempat terdapat percikan api di sisi atap peron Stasiun Halim sisi timur pada bagian lapisan proteksi atap. Kemudian KCIC langsung berkordinasi bersama Dinas Pemadam Kebakaran Wilayah Jakarta Timur.

Baca juga: Menhub Jamin Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terjangkau

"Percikan api yang terlihat pukul 00.30 WIB tersebut telah dipadamkan oleh petugas Damkar dan pagi ini seluruh kondisi Stasiun Halim dipastikan dalam kondisi aman," jelasnya.

Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Saat ini pihaknya masih belum mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi pada dini hari tadi.

"Saat ini penyebab kejadian dalam proses investigasi," kata dia.

"KCIC juga akan terus berkordinasi dengan pihak kontraktor untuk memastikan keselamatan dan keamanan proyek kereta api cepat relasi Jakarta-Bandung," tuturnya.

Baca juga: Menhub: Presiden Jokowi Uji Coba Kereta Cepat 13 September 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com