Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Gangguan, KRL Jabodetabek Rute Bekasi Sudah Beroperasi Normal dengan Kecepatan Terbatas

Kompas.com - 12/09/2023, 18:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan KRL Jabodetabek rute Bekasi/Cikarang kini telah kembali normal pasca mengalami gangguan operasional akibat adanya kendala pada pembangunan Double-Double Track lintas Stasiun Manggarai-Stasiun Jatinegara sekitar pukul 10.00 WIB tadi.

External Relations and Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengatakan, saat ini perjalanan KRL Jabodetabek rute Cikarang sudah dapat beroperasi melalui lintas Jatinegara-Manggarai tapi dengan kecepatan terbatas.

"Namun masih dalam pembatasan kecepatan demi keamanan dan keselamatan perjalanan kereta," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (12/9/2023).

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk relasi Bekasi/Cikarang-Angke/Kampung Bandan via Manggarai telah dapat beroperasi dengan kecepatan 20 km/jam dan sebaliknya relasi Angke/Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Manggarai beroperasi dengan kecepatan 40 km/jam.

Baca juga: Viral di Medsos Tiang Penyangga Stasiun Manggarai Miring, Operasional KRL Sempat Terganggu

Sementara itu, untuk perjalanan Commuter Line relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan via Manggarai maupun Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Manggarai sudah bisa melintas dari arah Manggarai-Jatinegara ataupun sebaliknya dengan pembatasan kecepatan.

Sebelumnya, perjalanan kereta pada lintas Manggarai-Jatinegara tidak bisa melintas imbas kendala pada proses pembangunan Double-Double Track lintas Stasiun Manggarai-Stasiun Jatinegara sekitar pukul 10.10 WIB.

Akibatnya, KCI memberlakukan sejumlah rekayasa operasional kepada berbagai perjalanan KRL Jabodetabek rute Bekasi/Cikarang.

Baca juga: KRL Alami Gangguan, KCI Berlakukan Rekayasa Operasional

"Hingga 14:00 WIB ini KAI Commuter telah melakukan sebanyak 40 rekayasa pola operasi perjalanan Commuter Line Cikarang," ucapnya.

Leza bilang, petugas gabungan dari Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, PT KAI Daop 1 Jakarta, dan KCI telah berhasil menangani kendala operasional perjalanan kereta di lintas Jatinegara-Manggarai pada pukul 13:55 WIB.

Baca juga: Pintu Kereta LRT Jabodebek Kependekan, KAI: Memang Dimensinya Tidak Sebesar KRL

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com