Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KRL Alami Gangguan, KCI Berlakukan Rekayasa Operasional

Kompas.com - 12/09/2023, 16:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter (KCI) menerapkan sejumlah rekayasa pola operasi dan perjalanan KRL Jabodetabek lantaran terjadi gangguan operasional pada Selasa (12/9/2023) siang.

External Relations amd Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengungkapkan, gangguan operasional KRL ini disebabkan kendala operasional pada proses pembangunan Double-Double Track (DDT) lintas Stasiun Manggarai-Stasiun Jatinegara.

Petugas terkait dari DJKA Kementerian Perhubungan, PT KAI Daop 1 Jakarta dan KAI Commuter sudah di lokasi untuk melakukan upaya penanganan atas kendala tersebut.

Baca juga: Jadwal KRL dari Stasiun Palur ke Yogyakarta Hari Ini, 11 September 2023

"KAI Commuter memohon maaf atas adanya kendala perjalanan Commuter Line Cikarang yang terjadi pada Selasa siang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (12/9/2023).

Namun untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta pada lokasi tersebut, mulai pukul 10.10 WIB seluruh perjalanan dihentikan dan tidak bisa melintas di lokasi tersebut.

Selain itu, KAI Commuter juga memberlakukan sejumlah rekayasa pola operasi pada perjalanan KRL Cikarang agar penumpang tetap terlayani.

Pada perjalanan KRL Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan via Manggarai, perjalananya hanya sampai Stasiun Jatinegara untuk kembali menuju Bekasi/Cikarang.

Baca juga: Pintu Kereta LRT Jabodebek Kependekan, KAI: Memang Dimensinya Tidak Sebesar KRL

Kemudian untuk perjalanan KRL Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Manggarai perjalanannya hanya sampai Stasiun Manggarai untuk kembali menuju Kampung Bandan dan melanjutkan ke Stasiun Jatinegara-Bekasi/Cikarang.

Sementara untuk perjalanan Commuter Line relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan via Pasar Senen maupun Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Pasar Senen tetap berjalan normal.

Berikut rekayasa pola operasi dan perjalanan KRL Jabodetabek yang mengalami keterlambatan per jam 11.30 WIB:

Baca juga: LRT Jabodebek Banyak Gangguan, KCI Masih Yakin Pesan Gerbong KRL dari INKA

1. Commuter Line No. 5067 relasi Bekasi – Kampung Bandan via Manggarai perjalannya hanya sampai Jatinegara untuk kembali sebagai Commuter Line No.5056A tujuan Cikarang.

2. Commuter Line No. 5056A relasi Bekasi – Angke via Manggarai perjalannya hanya sampai Jatinegara untuk kembali sebagai Commuter Line No.5058 tujuan Bekasi.

3. Commuter Line No.5056A relasi Angke – Cikarang via Manggarai perjalannya hanya sampai Manggarai untuk kembali sebagai Commuter Line No.5065A tujuan Angke.

4. Commuter Line No.5058 relasi Kampung Bandan – Bekasi via Manggarai perjalananya hanya sampai Manggarai untuk kembali sebagai Commuter Line No.5067 tujuan Kamoung Bandan.

Baca juga: Perbandingan Naik KRL dan LRT Rute Bekasi, Lebih Cepat dan Murah Mana?

5. Commuter Line No. 5060 relasi Angke - Cikarang via Manggarai perjalannya hanya sampai Manggarai untuk kembali sebagai Commuter Line No.5537A tujuan Kampung Bandan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com