Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng XL Axiata, CIMB Niaga Bidik Perluasan Nasabah

Kompas.com - 20/09/2023, 18:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) membidik perluasan jangkauan pasar melalui kerja sama dengan PT XL Axiata Tbk.

Perusahaan bersandi bursa BNGA itu menjelaskan, dua perusahaan akan mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur yang dimiliki.

Dengan begitu, nasabah atau konsumen diharapkan mendapatkan kemudahan dalam transaksi perbankan dan akses layanan digital.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan, kerja sama ini akan berpotensi menambah jumlah nasabah CIMB Niaga.

Sebagai gambaran, XL Axiata memiliki sekitar 56 juta pelanggan. Hal itu ditunjang dengan pengguna mobile apps yang banyak dan relatif aktif.

"Dari sekian juta kalau 10 persennya saja sudah 5 juta something. Kita bicara soal angka yang besar," kata dia usai acara Penandatanganan MoU CIMB Niaga dan XL Axiata, Rabu (20/9/2023).

Baca juga: XL Axiata: Tahun Politik Tidak Berkontribusi Signifikan pada Traffic Penggunaan Data

Ia menambahkan, kerja sama ini akan membuat pengguna XL Axiata akan mendapatkan layanan keuangan CIMB Niaga dengan lebih mudah.

Layanan keuangan tersebut mencakup transaksi, layanan pembayaran, bahkan sampai pinjaman dana.

Kemudian, data kebiasaan konsumen yang dimiliki XL Axiata akan membuat CIMB Niaga mampu membuat keputusan penyaluran kredit yang lebih mudah.

Sebaliknya, nasabah CIMB Niaga juga akan mendapatkan tambahan layanan dari XL Axiata.

"eSIM yang mereka punya, kalau ingin transaksi via OCTO Mobile even pulsanya kurang, maka mereka masih bisa akses. Jadi eSIM mereka akan always on," imbuh dia.

Tak hanya itu, pria yang karib disapa Dede itu juga menjelaskan, debitor kredit pemilikan rumah (KPR)CIMB Niaga juga berkesempatan mendapatkan penawaran broadband untuk layanan streaming.

Baca juga: Tantangan CIMB Niaga Menggenjot Pertumbuhan Kredit


Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan menuturkan, industri perbankan dan telekomunikasi merupakan bagian dari backbone pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Keduanya memiliki peran penting di tengah perubahan perilaku masyarakat yang banyak menggunakan layanan digital baik untuk kebutuhan komunikasi maupun transaksi keuangan," jelas dia.

Di sisi lain, Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini bilang, perusahaan telekomunikasi memiliki posisi yang tepat untuk menawarkan layanan keuangan melalui infrastruktur jaringan yang dimiliki.

"Melalui kerja sama ini, pelanggan XL Axiata dapat mengakses layanan perbankan seperti pembukaan tabungan, e-wallet, diskon langganan melalui aplikasi myXL," terang dia.

Sementara itu, nasabah CIMB Niaga akan bisa mendapatkan layanan XL Axiata melalui aplikasi digital milik CIMB Niaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com