Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMSP Konsisten Lakukan Digitalisasi Toko Kelontong

Kompas.com - 23/09/2023, 19:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) menerapkan inovasi dan teknologi pada bisnisnya. Dalam upayanya memberdayakan UMKM, perseroan melakukan digitalisasi toko kelontong melalui program Sampoerna Retail Community (SRC).

SRC merupakan jaringan bisnis retail yang berkolaborasi dengan para toko kelontong di seluruh Indonesia yang pengelolaannya sudah menerapkan teknologi digital.

Saat ini ada lebih dari 243.000 toko kelontong milik masyarakat dari Aceh hingga Papua yang secara konsisten dibina oleh SRC.

Baca juga: Terus Bertambah, Jumlah Toko Kelontong Tergabung dalam SRC Capai 165.000

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengunjungi beberapa stand SRC di Pesta Retail Ujung Sumatera di Lapangan Benteng Medan, Minggu (18/12/2022)KOMPAS.com/Mei Leandha Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengunjungi beberapa stand SRC di Pesta Retail Ujung Sumatera di Lapangan Benteng Medan, Minggu (18/12/2022)

“SRC sifatnya tradisional, tapi sudah menerapkan digitalisasi. Banyak yang tidak menyadari bahwa kesuksesan Sampoerna dimulai dari sebuah warung yang sangat kecil. Itu sebabnya kami selalu memiliki mitra dari UMKM seperti anggota SRC. Kini toko-toko SRC tersedia di manapun di Indonesia,” terang Direktur Penjualan HM Sampoerna Tbk Ivan Cahyadi dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/9/2023).

Ia menambahkan, kesuksesan SRC bukan hanya mengenai bisnis semata, tetapi bagaimana Sampoerna hadir untuk membantu toko kecil atau pelaku UMKM dapat menjalankan usaha yang berkelanjutan.

Harapannya, keberlanjutan usaha tersebut akan berdampak dalam kehidupan masyarakat dan mampu berkontribusi pada ekonomi nasional.

Lebih jauh lagi, ekosistem digital SRC kini terbentuk di mana hampir seluruh toko SRC telah mengadopsi digitalisasi melalui aplikasi berbasis digital untuk mendukung usaha toko kelontongnya melalui AYO by SRC.

Baca juga: Nobu Bank Fasilitasi Penyaluran KUR untuk Toko Jaringan SRC secara Digital

ASEAN Innovation Business Platform (AIBP) pun mengganjar perseroan dengan penghargaan ASEAN Enterprise Innovation Award Indonesia 2023 atas inovasi dan penerapan teknologi pada bisnis yang dijalankan Sampoerna.

Penghargaan ini diberikan kepada Sampoerna atas inovasi dan penerapan teknologi yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memberi dampak positif pada masyarakat luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com