Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Jelang Natal-Tahun Baru, ASDP Tingkatkan Kapasitas Dermaga Pelabuhan Gilimanuk Bali

Kompas.com - 28/09/2023, 10:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mulai mempersiapkan angkutan penyeberangan menjelang Natal dan Tahun Baru mendatang.

Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas Dermaga IV di Pelabuhan Gilimanuk, Bali yang saat ini progresnya telah mencapai 19 persen.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, ditargetkan peningkatan kapasitas itu dapat rampung 14 Desember mendatang agar bisa langsung difungsikan untuk melayani masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Dalam rangka persiapan angkutan penyeberangan pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, ASDP tengah mengerjakan proyek peningkatan kapasitas Dermaga IV di Pelabuhan Gilimanuk," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/9/2023).

Baca juga: Bangun Kawasan Bakauheni Harbour City, ASDP Butuh Rp 4,5 Triliun

Salah satu manfaat dari peningkatan kapasitas tersebut ialah kapal yang dapat sandar di dermaga lebih besar dari 500 gros ton (GT) menjadi 2.000 GT sehingga kapasitas muat lebih besar.

Dengan demikian, diharapkan peningkatan kapasitas ini dapat mengurangi kemacetan pada saat peak season atau event tertentu.

Selain itu, panjang dermaga juga akan ditambahkan dari 24 meter menjadi 75 meter dan trestle dari 25 meter menjadi 75 meter dengan fasilitas yang mencakup 3 unit Mooring Dolphin dan 5 unit bolder.

"Peningkatan infrastruktur dermaga ini akan mampu mendukung pertumbuhan sektor perhubungan, ekonomi, dan pariwisata di wilayah Gilimanuk," ucapnya.

Baca juga: Penumpang Kapal Ferry Naik Saat Harpitnas, ASDP Siapkan Standar Operasional Khusus

 


Sebagai informasi, proyek ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah dan ASDP dalam memperkuat infrastruktur pelabuhan nasional.

ASDP akan mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan di Pelabuhan Gilimanuk. Bali. Hal ini dilakukan perseroan dalam mendukung pariwisata di Bali, khususnya di Kabupaten Jembrana.

Rencana pengembangan Pelabuhan Gilimanuk ini sebagai wujud komitmen ASDP mendukung konektivitas Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi dan pembangunan tol Bali (Gilimanuk-Mengwi).

Diharapkan dengan terhubungnya jalan tol tersebut, akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Bali.

"Jika dua ruas jalan tol tersebut selesai, maka Pelabuhan Gilimanuk harus memiliki fasilitas dan layanan prima sehingga nantinya masyarakat dan wisatawan merasa nyaman dan terlayani dengan baik," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Harry MAC melalui rilis pers, Minggu (28/5/2023).

Baca juga: ASDP Layani 23,1 Juta Penumpang Sepanjang Semester I-2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com