Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link PDF CPNS 2023 Kemendikbud Ristek

Kompas.com - 02/10/2023, 10:12 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka sebanyak 16.102 lowongan CPNS 2023 atau seleksi calon pegawai negeri sipil tahun ini.

Alokasi kebutuhan jabatan CPNS di lingkungan Kemendikbud Ristek untuk jabatan Dosen di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dengan rincian berikut:

  • Asisten Ahli - Dosen sebanyak 13.440 formasi CPNS
  • Lektor - Dosen sebanyak 2.662 formasi CPNS.

Tahapan seleksi Kemendikbud Ristek CPNS 2023 yang akan diikuti oleh pelamar yaitu:

  • Seleksi administrasi, bagi pelamar yang memenuhi persyaratan tata cara pendaftaran
  • Seleksi kompetensi dasar (SKD), dilaksanakan bagi pelamar lolos seleksi administrasi
  • Seleksi kompetensi bidang (SKB), bagi pelamar yang lolos SKD yang merupakan tiga peringkat terbaik dalam kebutuhan jabatan yang dilamar.

Baca juga: Daftar 14 Kementerian/Lembaga yang Buka Lowongan CPNS 2023

Kriteria pelamar Kemendikbud Ristek CPNS 2023

Dituliskan bahwa kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukkan bagi pelamar kebutuhan umum dan kebutuhan khusus seperti lulusan cumlaude, penyandang disabilitas, serta putra/putri Papua dan Papua Barat.

Usia pelamar dengan kualifikasi pendidikan S2 minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sedangkan usia pelamar lulusan S2 minimal 18 tahun dan maksimal 40 tahun.

Bagi pelamar penyandang disabilitas, saat mendaftar wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit atau puskesmas pemerintah, serta link video yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar.

Baca juga: Link PDF Formasi CPNS 2023 Kementerian dan Lembaga

Materi tes Kemendikbud Ristek CPNS

Dalam pengumuman resmi, dijelaskan bahwa SKD akan dilaksanakan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN), dengan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sementara itu,SKB untuk jabatan Dosen memiliki cakupan materi meliputi Etika dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Literasi Bahasa Inggris, Penalaran dan Pemecahan Masalah, dan Dimensi Psikologi.

Nantinya, peserta SKB CPNS Kemendikbud Ristek juga akan mengikuti wawancara dan praktik mengajar (microteaching).

Ditegaskan bahwa calon pelamar CPNS Kemendikbud Ristek harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain.

Inilah rangkuman mengenai lowongan CPNS 2023 di lingkungan Kemendikbud Ristek. Informasi selengkapnya dan link PDF lowongan CPNS 2023 Kemendikbud Ristek dapat diakses di sini.

Baca juga: Link PDF CPNS dan PPPK 2023 dari Kementerian dan Lembaga

Baca juga: Berkas CPNS Wajib Pakai E-Meterai, Bagaimana Jika Dokumen Perlu Digabung?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com