Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Bursa Karbon, BNI Borong 40.000 Unit

Kompas.com - 02/10/2023, 12:11 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMAPS.com - Pasca peresmian Bursa Karbon Indonesia (IDX Carbon) pada 26 September 2023 lalu, PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) (BBNI) sebagai perbankan pelat merah memastikan kontribusinya untuk mendorong implementasi green banking dengan berpartisipasi dalam perdagangan bursa karbon.

BNI melalui perusahaan anak PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) telah melakukan pembelian sebesar 40.000 unit karbon pada tahap awal sebagai bentuk dukungan dalam upaya pemerintah menurunkan emisi nasional.

BNI telah membeli unit karbon Indonesia Technology Based Solution (IDTBS), yang termasuk dalam sektor Energi, Limbah, dan Proses Industri dan Penggunaan Produk, yang dijual oleh Pertamina.

Baca juga: PLN Bakal Melantai di Bursa Karbon, BEI: Sedang Proses

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar berharap keterlibatan BNI ini dapat mendorong bursa karbon Indonesia semakin berkembang. Dia memastikan perseroan mendukung target pemerintah Net Zero Emission pada tahun 2030 sehingga dapat mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim.

"Tentunya hal ini merupakan langkah lanjutan kami dalam implementasi keuangan berkelanjutan. Sebagai pionir green banking di Indonesia kami akan selalu proaktif bersama Kementerian BUMN untuk terus menyosialisasikan berbagai praktik green economy di Tanah Air," kata Royke dalam siaran pers, Senin (2/10/2023).

Royke menyampaikan BNI juga telah melakukan perhitungan jumlah emisi karbon yang dihasilkan oleh kegiatan operasional perusahaan. Di sisi lain, untuk mendukung bisnis green energy, pihaknya memastikan terus mendukung pembiayaan hijau bagi para pelaku bisnis untuk mengimplementasikan praktik green economy.

"Portofolio pembiayaan hijau BNI telah mencapai Rp 57 triliun pada semester pertama 2023, dan ditargetkan mampu mencapai Rp 62,9 triliun hingga akhir tahun ini, dan tentunya terus kami tingkatkan ke depannya," tegas Royke.

Baca juga: Transaksi Bursa Karbon Hari Kedua Rp 0 , Ini Kata BEI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com