Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Diresmikan Hari Ini, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Baru Beroperasi Besok di 3 Stasiun

Kompas.com - 02/10/2023, 18:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah diresmikan hari ini, Senin (2/10/2023). Namun baru akan beroperasi mengangkut penumpang mulai Selasa (3/10/2023).

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan, hari ini pihaknya hanya akan melakukan peresmian dan membuka pendaftaran tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk perjalanan mulai Selasa besok.

"Ya karena hari ini baru peresminan maka sore nanti ya mungkin setelah kita buka ini bisa digunakan untuk mulai perjalanan per tanggal 3 Oktober," ujarnya setelah peresmian kereta cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

Baca juga: Link War Tiket Gratis Kereta Cepat yang Dibuka Sore Ini

Eva bilang, pada tahap awal pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung hanya akan melayani naik dan turun penumpang di tiga stasiun, yaitu Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Sementara untuk Stasiun Karawang di Jawa Barat, kata dia, saat ini akses stasiun tersebut masih belum siap sehingga pada tahap awal ini masih belum dioperasikan.

"Ya untuk di tahap awal (baru 3 stasiun). Ini kan memang secara bertahap, untuk tahap awal ini memang kita Halim, Padalarang, dan Tegalluar," ucapnya.

Baca juga: Cara Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Gratis sampai Pertengahan Oktober 2023

Dia mengungkapkan, saat ini progres pembangunan dan konstruksi Stasiun Karawang sudah mencapai 99 persen dan saat ini KCIC sedang dalam proses pembuatan jalan akses yang menuju ke arah jalan tol.

"Mudah-mudahan di akhir tahun ini atau awal tahun depan sudah bisa. Yang terpenting kan KA Cepat relasi Jakarta-Bandung. Artinya relasi yang seharusnya Jakarta dan Bandung itu sudah terpenuhi, Padalarang sudah bisa, Tegalluar sudah bisa, integrasi antarmoda juga sudah kita siapkan," tukasnya.

Baca juga: Resmikan Kereta Cepat, Jokowi: Jangan Takut Mencoba Hal Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com