Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Transjakarta, Akses Menuju Stasiun Kereta Cepat Halim Semakin Mudah

Kompas.com - 02/10/2023, 08:51 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta cepat Jakarta-Bandung atau KA Cepat Whoosh diresmikan hari ini, akses penumpang menuju Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta pun semakin dipermudah.

Pasalnya, saat ini telah dilakukan uji coba rute baru Transjakarta menuju Stasiun Halim dengan rute Cawang-Jalan Mayjen Sutoyo-Jalan D.I Panjaitan-Stasiun Halim dengan jam operasional pukul 06.00-16.00 WIB.

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan, kehadiran Transjakarta akan memberikan dampak besar terhadap aksesibilitas Stasiun Halim.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diresmikan Presiden, Ini 7 Hal yang Perlu Diketahui

Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan diujicoba oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/9/2023). Presiden melakukan uji coba naik kereta cepat dari Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta Timur ke Stasiun Padalarang di Jawa Barat. KOMPAS.com/Dian Erika Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan diujicoba oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/9/2023). Presiden melakukan uji coba naik kereta cepat dari Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta Timur ke Stasiun Padalarang di Jawa Barat.

"Kehadiran Transjakarta ini akan mempermudah masyarakat dari berbagai area di Jakarta untuk menaiki KA Cepat Whoosh," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (1/10/2023) malam.

Selain Transjakarta, Stasiun Halim juga saat ini sudah terkoneksi dengan LRT Jabodebek. Bagi pengguna LRT Jabodebek, dapat turun di Stasiun LRT Halim lalu berjalan ke Stasiun KCIC Halim melalui sky bridge.

Bukan hanya itu, Stasiun Halim dapat diakses melalui jalan D.I Panjaitan sebagai akses utama dan Exit Tol Japek KM 1+850.

"Seluruh akses strategis tersebut akan menghubungkan KA Cepat Whoosh dengan kawasan publik," kata Eva.

Baca juga: Bos KAI Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan Besok di Stasiun Halim

Eva bilang, konektivitas antar moda terbukti dapat meningkatkan kenyamanan penumpang serta dapat meningkatkan mobilitas. Untuk itu, hadirnya Transjakarta di Stasiun Halim menjadi hal yang penting dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang KA Cepat Whoosh.

Uji coba rute baru Transjakarta menuju Stasiun Halim ini berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jakarta Nomor 1033 Tahun 2023 tentang Penugasan Kepada Perseroran Terbatas Transportasi Jakarta Dalam Uji Coba Rute Baru 7W (Cawang-Stasiun KCJB Halim) sebagai Layanan Feeder LRT  Jabodebek tertanggal 26 September 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com