Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Jadi Pekerjaan Sampingan, Apa Saja Tugas Agen Asuransi?

Kompas.com - 09/10/2023, 13:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Profesi agen asuransi dapat dijadikan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tak jarang, agen asuransi juga kerap menjadi pilihan profesi tetap.

Agency Recruitment Senior Manager Sequis Henry Kurniawan mengatakan, banyak orang yang mempertanyakan soal profesi agen asuransi.

Bagi mereka yang memilih agen asuransi sebagai profesi kerap terjadi karena alasan finansial. Pasalnya agen asuransi memungkinkan seseorang mendapatkan pendapatan tidak terbatas.

"Hal ini benar karena sistem kompensasi agen asuransi memang dirancang untuk memungkinkan agen asuransi dapat menentukan sendiri berapa pendapatan yang ingin diperolehnya," kata dia dalam keterangan resmi, Senin (9/10/2023).

Ia menambahkan, agen asuransi bisa juga mendapatkan tambahan berupa income pasif.

Income pasif bisa diperoleh ketika agen tidak hanya fokus menjual produk asuransi, tetapi ketika ia bisa mengajak orang lain bermitra bersama menekuni profesi sebagai agen asuransi.

Baca juga: Apa Asuransi yang Cocok untuk Anak Muda?

Namun demikian, terlepas dari potensi pendapatan yang bisa didapat, profesi agen asuransi sebenarnya memiliki tugas yang cukup krusial dalam dunia perasuransian.

Henry menuturkan, agen menjadi jembatan perusahaan asuransi dengan calon nasabah untuk memberikan literasi keuangan hingga menjelaskan produk asuransi.

Secara umum, agen asuransi profesional akan membantu calon nasabah melakukan perencanaan keuangan, memberi rekomendasi produk yang sesuai, dan menginformasikan hingga detail tentang produk asuransi, seperti manfaat produk, ilustrasi produk, pengecualian penyakit yang ditanggung hingga cara klaim.

Baca juga: Calon Pemegang Polis Harus Tahu Besaran Santunan Asuransi Jiwa yang Dibutuhkan

 


Lantas apa saja tugas agen asuransi? Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa tugas pokok seorang agen asuransi.

1. Menjelaskan produk asuransi kepada calon nasabah

Agen asuransi bertugas mencari calon nasabah, tetapi ada juga calon nasabah yang berinisiatif mencari agen asuransi karena saat ini kesadaran berasuransi semakin meningkat.

Agen asuransi bertugas memberikan pengetahuan tentang manfaat dan cara berasuransi hingga produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial calon nasabah.

2. Menganalisis kebutuhan nasabah

Calon nasabah dapat saja menghubungi customer service perusahaan asuransi, tetapi jika ingin mengetahui lebih cepat dan detail ada baiknya menanyakan langsung kepada agen asuransi.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com