Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

85 Juta Lapangan Kerja Bakal Hilang, Erick Thohir: Generasi Muda Punya Tantangan Berat

Kompas.com - 13/10/2023, 06:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, generasi muda memiliki tantangan berat dalam menghadapi masa depan. Sebab, sebagian besar lapangan kerja akan hilang seiring dengan berkembangnya digitalisasi.

Ia menuturkan, berdasarkan data Future of Jobs Report dari World Economic Forum, sebanyak 85 juta lapangan kerja akan hilang. Jauh lebih tinggi dari perkiraan 67 juta lapangan kerja yang akan tumbuh.

"85 juta lapangan pekerjaan yang hilang dibandingkan 67 juta yang tumbuh, artinya para tokoh muda punya tantangan berat," ujarnya dalam acara IAPPI di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Baca juga: UOB Bidik Target Ciptakan Satu Juta Lapangan Kerja di ASEAN

Erick mengatakan, perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi tantangan yang harus diatasi para generasi muda.

Menurut dia, generasi muda juga perlu memiliki perencanaan masa depan yang matang untuk membantu mendorong perekonomian Indonesia seiring dengan perkembangan zaman.

Ia pun meminta kepada para pelajar lulusan luar negeri untuk pulang ke Indonesia membantu mewujudkan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045.

"Saya menantang mana cetak biru Indonesia 2045 dari perspektif kalian (anak muda), bukan dari perspektif pemerintah, tapi perspektif kalian sebagai tokoh masa depan Indonesia," kata Erick.

Baca juga: Lapangan Kerja Jadi PR Besar RI, Angkatan Kerja Baru Rebutan dengan Korban PHK

Masalah lapangan pekerjaan di RI

Sebelumnya, Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, saat ini Indonesia dihadapkan pada masalah lapangan pekerjaan, di mana tiap tahun terdapat 2,6 juta angkatan kerja baru.

“Indonesia saat ini juga dihadapkan pada masalah lapangan pekerjaan. Tiap tahun ada 2,6 juta angkatan kerja baru, yang harus bersaing dengan mereka yang jadi korban PHK sekarang,” ungkap Bhima kepada Kompas.com, Rabu (16/8/2023).

Untuk memastikan lapangan pekerjaan di RI, Bhima menekankan beberapa kunci utama yang harus dilakukan, yakni mendorong industrialisasi, membangkitkan geliat UMKM, mendorong ekonomi digital, dan memanfaatkan peluang kerja di sektor ekonomi hijau.

“Hal tersebut harus didorong untuk menjadi motor penciptaan lapangan kerja,” lanjut Bhima.

Baca juga: Pengusaha Optimistis Ekonomi RI 2023 Tumbuh Positif dan Mampu Buka Lapangan Kerja Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com