Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC Dukung Kereta Cepat Dilanjutkan hingga Surabaya

Kompas.com - 13/10/2023, 20:19 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana melanjutkan rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga ke Surabaya. Rencana ini sudah diusulkan masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional.

Selaku operator Kereta Cepat Whoosh, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengaku siap mendukung rencana tersebut. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti.

"Kita sih mendukung rencana oleh pemerintah tersebut," kata Emir ditemui di Stasiun Halim, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Baca juga: Beredar Bocoran Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tembus Rp 600.000, Ini Respons KCIC

Emir mengatakan, saat ini rencana perpanjangan jalur kereta capat masih dalam tahap kajian. Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah.

"Kami menunggu kebijakan pemerintah terkait hal itu," ujarnya.

Menurut Emir, dilanjutkannya kereta cepat hingga ke Surabaya akan menambah efektivitas masyarakat dalam berpergian. Pasalnya, dengan kecepatan yang dimiliki, perjalanan Jakarta-Surabaya naik kereta cepat dapat ditempuh dalam kisaran waktu 3,5 jam.

"Nantinya pengguna kereta cepat akan lebih jauh aksesnya, konektivitasnya lebih mudah," ucap Emir.

Baca juga: Sinyal Internet di Kereta Cepat Tidak Stabil, KCIC Bakal Sediakan WiFi

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah sudah mengusulkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya untuk masuk ke dalam PSN. Hal ini ia sampaikan usai menjajal langsung Kereta Cepat Whoosh pada Rabu (11/10/2023).

"Jadi kita akan lihat kereta ini karena memang kalau sudah sampai Bandung tanggung, kalau bisa dilanjutkan," kata dia dalam keterangannya, Rabu.

Oleh karenanya, pemerintah telah membahas rencana kereta cepat dilanjutkan ke Surabaya. Pembangunan nantinya akan dilakukan dari Bandung, Solo, Yogyakarta, hingga Surabaya.

"Kemarin sudah dirapatkan di dalam PSN dengan Bapak Presiden, jadi kita coba ke depan untuk menyambung dari Bandung ke Jogja, Surabaya," ujarnya.

Baca juga: KAI Tebar Promo Tiket Kereta Api Ekonomi hingga Eksekutif, Simak Ketentuannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com