Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Cek Hasil Administrasi CPNS 2023

Kompas.com - 15/10/2023, 06:00 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Link dan cara cek seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil atau hasil administrasi CPNS 2023 akan dibahas dalam artikel ini.

Berdasarkan jadwal terbaru seleksi CPNS 2023 yang dirilis pada 9 Oktober lalu, hasil administrasi CPNS tahun ini akan diumumkan mulai 15 Oktober hingga 18 Oktober mendatang.

Tahun ini, formasi CPNS hanya dialokasikan di instansi pusat dan tak ada alokasi formasi CPNS di instansi daerah. Tercatat ada 14 kementerian dan lembaga yang membuka lowongan CPNS 2023.

Kementerian dan lembaga yang membuka lowongan CPNS 2023, akan mengumumkan hasil administrasi para peserta dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

Lalu, bagaimana cara cek hasil administrasi CPNS 2023 dan link-nya?

Baca juga: Hasil Administrasi CPNS 2023 Diumumkan Mulai 15 Oktober

Link dan cara cek hasil administrasi CPNS 2023

Link untuk mengecek hasil administrasi CPNS 2023, bisa melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), dengan link https://sscasn.bkn.go.id, dengan cara sebagai berikut:

  1. Akses link https://sscasn.bkn.go.id
  2. Klik menu “SSCASN” di pojok kanan atas, lalu klik “Masuk”
  3. Login dengan NIK dan password yang sudah didaftarkan
  4. Jika pelamar CPNS 2023 dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka otomatis memunculkan pesan yang menyatakan kelulusan pelamar
  5. Pelamar lolos seleksi administrasi bisa mengunduh kartu ujian CPNS 2023.

Dikarenakan kemungkinan kementerian dan lembaga yang membuka lowongan CPNS 2023 tidak serentak dalam mengumumkan hasil administrasi pelamar, maka pelamar diimbau untuk memantau secara berkala laman SSCASN dengan login ke akun masing-masing.

Baca juga: Kapan Hasil Administrasi CPNS 2023 Diumumkan?

Tanda lolos seleksi administrasi CPNS 2023

Dilansir dari informasi resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), tanda peserta lolos seleksi administrasi CPNS 2023 adalah munculnya keterangan berikut: "Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas".

Dibawah keterangan tersebut, akan tersedia tombol Cetak Kartu Informasi Akun dan Cetak Kartu Pendaftaran CASN, dan selanjutnya bisa mencetak Kartu Ujian CPNS 2023.

Kartu ujian CPNS ini bisa diunduh dan dicetak setelah masa sanggah berakhir. Jika masa sanggah dan verifikasi sanggah belum selesai, maka akan muncul informasi berikut:

“Saat ini pencetakan Kartu Peserta Ujian CASN Anda belum dapat dilakukan. Harap login kembali saat masa sanggah dan verifikasi sanggah berakhir untuk mencetak Kartu Peserta Ujian CASN 2023”.

Baca juga: Seluruh Pelamar CPNS 2023 Sudah Bisa Cetak Kartu Pendaftaran

Masa sanggah CPNS 2023

Bagi pelamar CPNS 2023 yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi atau tak lolos seleksi administrasi, akan ada masa sanggah yang dijadwalkan pada 19-21 Oktober 2023.

Masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggah yang diberikan kepada pelamar untuk mengajukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi.

Pengajuan sanggah dilakukan untuk menyanggah hasil verifikasi instansi yang salah melalui laman SSCASN, yang diberlakukan jika kesalahan bukan dari pelamar dan tidak untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan pelamar.

Nantinya, instansi wajib memberikan tanggapan atas sanggahan yang diajukan oleh pelamar dan harus mengumumkan kembali hasil seleksi setelah tanggapan sanggah selesai.

Inilah link dan cara cek hasil administrasi CPNS 2023. Selain melalui SSCASN, pelamar CPNS bisa membuka pengumuman hasil administrasi lewat kanal resmi masing-masing instansi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Masa Sanggah CPNS 2023 dan Waktunya

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2023 Diperpanjang, Ini Jadwal Terbarunya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com