Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian ESDM Mulai Bagi-bagi "Rice Cooker" Gratis pada Awal November

Kompas.com - 16/10/2023, 11:08 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mulai membagikan rice cooker gratis kepada masyarakat pada awal November 2023. Ada 500.000 rice cooker yang akan dibagikan.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, saat ini pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk pembagian rice cooker gratis di tahun ini sebesar Rp 347,5 miliar.

Payung hukum terkait kebijakan ini pun sudah diterbitkan yakni Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Baca juga: Program Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Pakai Produk Dalam Negeri

Selain itu, dari pihak industri juga sudah dipastikan mampu untuk menyiapkan 500.000 rice cooker selama sisa tahun ini, sehingga tinggal menunggu tahap realisasi pembagian rice cooker.

"Mungkin awal November sudah ya, awal November sudah mulai di distribusi," ujar Dadan di Jakarta pada Minggu (15/11/2023).

Ia menuturkan, pembagian rice cooker ini pada dasarnya untuk menggeser ke penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, serta menekan penggunaan elpiji yang saat ini masih impor.

Berdasarkan penghitungan Kementerian ESDM, kebijakan pembagian rice cooker berpotensi meningkatkan konsumsi listrik sekitar 140 gigawatt hour (GWh) setara dengan kapasitas pembangkitan 20 megawatt (MW).

Program ini juga berpotensi menghemat elpiji sekitar 29 juta kilo atau setara 9,7 juta tabung 3 kilogram (kg). Dengan demikian, diyakini mampu menekan impor elpiji.

Menurut Dadan, untuk calon penerima rice cooker gratis, pemerintah telah mengantongi data berupa nama beserta alamatnya. Soal merek rice cooker yang akan dibagikan, ia menyebut ada banyak produsen yang bisa menjadi pemasok.

Hanya saja, Kementerian ESDM memastikan akan membagikan rice cooker yang memang merupakan produk buatan dalam negeri.

"(Produsennya) ya kan banyak. Lihat saja kalau di rumah-rumah itu produksi apa saja, ada Maspion, ada apa, ada apa," kata Dadan.

Baca juga: Kementerian ESDM: Program Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Bisa Tekan Impor Elpiji


Adapun dalam Permen ESDM 11/2023 disebutkan bahwa jenis rice cooker yang dibagikan memiliki kapasitas 1,8 liter sampai dengan 2,2 liter.

Rice cooker akan dilengkapi stiker bertuliskan "Hibah Kementerian ESDM dan Tidak untuk Diperjualbelikan" yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dilepas.

Sementara kriteria calon penerima rice cooker yakni rumah tangga yang berstatus pelanggan PT PLN (Persero) ataupun rumah tangga yang tidak memiliki alat memasak berbasis listrik.

Untuk rumah tangga pelanggan PLN yang akan menerima rice cooker gratis yakni hanya rumah tangga dengan golongan daya 450 VA (R-l/TR), 900 VA dan 900 VA RTM (R-l/TR), serta dan 1.300 VA (R-l/TR).

Baca juga: Bagi-bagi Rice Cooker Gratis: Anggaran Rp 347,5 Miliar dan Dilarang Menjualnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com