Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kedua TEI 2023, Kontrak Dagang Capai Rp 9,3 Triliun

Kompas.com - 20/10/2023, 14:54 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari kedua pelaksanaan Trade Expo Indonesia 2023, Indonesia berhasil mencatatkan 60 kontrak dagang dengan nilai 625 juta dollar AS atau sekitar Rp 9,3 triliun.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi mengatakan optimistis Indonesia masih akan ada penandatanganan lebih banyak kontrak sampai TEI berakhir pada Minggu (22/10/2023) nanti.

"Kami optimis TEI tahun ini akan mencapai target, masih akan ada penandatanganan kontrak-kontrak dagang berikutnya hingga akhir pameran," kata Didi dalam keteranganya, Kamis (20/10/2023).

Baca juga: Layanan Tanda Tangan Elektronik Hadir di Trade Expo Indonesia 2023

Penandatanganan kontrak dagang hari kedua melibatkan ekportir Indonesia dengan 15 negara mitra yaitu Kanada, Hongaria, Ghana, Nigeria, Vietnam, Australia, Meksiko, Jerman, Jepang, Mesir, Persatuan Emirat Arab (PEA), Thailand, Prancis, Amerika Serikat dan Inggris.

Dari Penandatanganan kontrak dagang tersebut, nilai tersesar dari pembeli PEA sebesar 295,6 juta dollar AS. Nillai kontrak dari PEA ini didominasi produk perhiasan sebesar 280 juta dollar AS.

Kemudian, nilai kontrak terbesar selanjutnya adalah kontrak dagang dengan Mesir dengan total 193,5 juta dollar AS, diikuti Inggris 50 juta dollar AS, Meksiko 21 juta dollar AS dan Ghana 12,5 juta dollar AS.

Baca juga: Luncurkan Trade Expo 2023, Mendag Targetkan Nilai Transaksi Lebih dari Rp 228 Triliun

Produk-produk Indonesia yang termasuk dalam kontrak dagang meliputi perhiasan, makanan minuman, karpet, dekorasi rumah, peralatan kaca, teh, bulu mata palsu, peralatan dapur, biji kopi, obat batuk, pupuk organik, produk kertas, modest fashion hingga bubuk kakao. (Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli)

Baca juga: Neraca Perdagangan Indonesia Surplus untuk 41 Bulan Berturut-turut

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kontrak Dagang Trade Expo Indonesia 2023 Hari Kedua Capai Rp 9,3 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com