Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Nyata Perubahan Iklim, CGS-CIMB Sekuritas Gelar Bersih-bersih Sungai Cisadane

Kompas.com - 21/10/2023, 16:12 WIB
Erlangga Djumena

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia menggelar River Trashboom Project – Cerita Sungai di daerah hilir Sungai Cisadane, Tangerang, Banten, Sabtu (21/10/2023).

River Trashboom Project – Cerita Sungai bertujuan untuk mengatasi masalah lingkungan dan sekaligus memberi manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi sungai.

Kegiatan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Bursa Efek Indonesia (BEI), dan juga bekerja sama dengan LSM SeaSoldier.

President Director of PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia Lim Kim Siah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan investasi untuk masa depan bumi.

Baca juga: Perjuangan Perawat di Pelosok Seruyan, Terabas Hutan dan Sungai demi Hampiri Pasien

"Kami senang dapat kembali mendukung proyek ini dengan memberikan dukungan penuh serta mendidik masyarakat tentang kepedulian terhadap sungai dan pentingnya melakukan aksi nyata perubahan iklim,” ujar dia dalam siaran pers.

Selain membuat penjaring sampah (trashboom), kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang hidup di bantaran sungai, serta melakukan penanaman 100 bibit pohon di area bantaran Sungai Cisadane tersebut.

Selain bertujuan untuk menjaring sampah yang mengalir di sungai tersebut, nantinya sampah tersebut dapat dikelola dan didaur ulang untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar, edukasi yang komprehensif juga diberikan kepada masyarakat sekitar mengenai dampak perubahan iklim, pengurangan timbunan sampah padat yang berpotensi mengurangi emisi karbon di udara, potensi untuk mengurangi masalah banjir, serta mengurangi jumlah sampah di laut.

Sementara itu, Direktur PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Risa E. Rustam, mengatakan, pihaknya mendukung inisiasi River Trashboom Project - Cerita Sungai yang merupakan upaya untuk mendorong pelestarian lingkungan berkelanjutan di Indonesia.

"Kami berharap River Trashboom Project tidak hanya memberikan kesadaran kepada banyak pihak untuk menjaga kebersihan sungai dan keberlanjutan lingkungan, namun juga memberikan inspirasi kepada pihak lainnya untuk melakukan hal serupa di seluruh Indonesia," sebut dia.

"Karena melestarikan alam merupakan tanggung jawab kita bersama, maka BEI mengajak seluruh masyarakat agar menjaga kebersihan sekaligus keindahan sungai serta lingkungan di Indonesia, untuk masa depan yang lebih sehat dan alam yang lebih lestari," tambahnya.

Adapun Founder & Executive Director of Seasoldier Foundation Nadine Chandrawinata menyebutkan, Cerita Sungai merupakan keberlanjutan dari Program Pondok Pemuda yang telah dilaksanakan pada tahun 2022 bekerjasama dengan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia yang telah menghasilkan sebuah proyek akhir untuk mengatasi masalah pencemaran sungai yang juga mempunyai andil besar dalam pencemaran laut.

"Sudah menjadi komitmen kami untuk dapat merealisasikan dan proyek tersebut menjadi sebuah aksi nyata,” ucapnya.

Baca juga: Jokowi Ingin Normalisasi Sungai Ciliwung Segera Rampung untuk Atasi Banjir di Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com