Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Pentingnya Mengirim E-mail Ucapan Terima Kasih Setelah Interview Kerja

Kompas.com - 23/10/2023, 07:53 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melakukan interview kerja aalah satu hal yang paling ditunggu-tunggu adalah bagaimana hasilnya.

Semua pertanyaan interview kerja terjawab dengan lancar. Pastinya kamu sangat percaya diri akan mendapatkan pekerjaan impianmu.

Tapi jangan cuma menunggu hasil interview kerja. Ada satu hal penting yang perlu kamu lakukan, yaitu mengirimkan e-mail ucapan terima kasih setelah interview  kerja kepada perekrut.

Baca juga: Jangan Sepelekan Pakaian Saat Interview Kerja, Mengapa?

Ilustrasi wawancara kerja atau interview kerja.SHUTTERSTOCK/FIZKES Ilustrasi wawancara kerja atau interview kerja.

Menurut laman Harvard Business Review, sekitar 80 persen perekrut berpendapat bahwa email ucapan terima kasih berpengaruh saat menyeleksi kandidat. Sayangnya, tidak semua jobseekers mengirimkan email ucapan terima kasih.

Mengutip dari laman resmi Job Street, Senin (23/10/2023), berikut adalah 4 alasan pentingnya untuk mengirimkan e-mail ucapan terimakasih setelah interview kerja. 

1. Terlihat profesional serta menghargai perekrut

Dengan mengirimkan e-mail ucapan terima kasih setelah interview, perekrut akan merasa bahwa kamu menghargai kesempatan interview kerja yang diberikan dan waktu yang diluangkan perekrut untukmu.

Selain membuat kamu berbeda dari kandidat yang tidak mengirimkan email, kamu juga menunjukkan keseriusan untuk posisi tersebut.

Baca juga: Tips Merespons Panggilan Interview Kerja Beserta Contohnya

2. Diingat oleh perekrut

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengirimkan e-mail ucapan terima kasih memberikan kesan baik sehingga kamu akan mudah diingat oleh perekrut.

Hal ini tentu akan menguntungkan kamu karena perekrut akan mempertimbangkan kamu saat menyeleksi banyak kandidat yang ikut serta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com