Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roda LRT Jabodebek Aus, KAI Pesan 1.000 Unit Roda ke INKA

Kompas.com - 26/10/2023, 05:09 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Roda pada 18 trainset atau rangkaian kereta LRT Jabodebek sudah aus, meski baru saja resmi beroperasi akhir Agustus 2023 lalu. Untuk mengatasi persoalan aus roda maka PT Kereta Api Indonesia (KAI) memesan 1.000 unit roda ke PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan, pemesanan sudah dilakukan dua bulan lalu dan diharapkan roda tersebut paling lama tersedia pada Januari 2024 mendatang.

"Kami sedang menunggu 1.000 keping roda dari INKA. Jadi kalau 1.000 keping roda itu datang, mungkin kami bisa lebih cepat untuk mengganti dulu roda-roda yang ada ini, memasang roda yang baru, sementara roda-roda yang lain dilakukan pembubutan," ujarnya saat ditemui di kawasan Sabang, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Baca juga: Estimasi Kedatangan Kereta LRT Jabodebek di Stasiun Tak Muncul, Ini Penjelasan Manajemen

Kuswardoyo menuturkan, trainset yang beroperasi pasti mengalami aus roda. Secara ketentuan, tingkat keausan roda trainset LRT Jabodebek tidak boleh mencapai 8 milimeter (mm), sehingga ketika sudah mencapai 5-6 mm dilakukan perawatan bubut roda.

"Karena kalau tidak dilakukan pembumbutan, maka kereta akan anjlok. Jadi mau tidak mau, karena prioritas kita keselamatan, maka itu kita kerjakan," jelas dia.

Menurut dia, persoalan aus roda ini baru secara jelas diketahui setelah beralihnya pengelolaan dari pihak produsen ke pihak LRT Jabodebek. Dia bilang, tingkat keausan roda LRT Jabodebek cukup tinggi.

Terlebih, meski hanya satu roda di dalam rangkaian kereta yang mengalami aus hingga batas ketentuan, namun seluruh roda di trainset tersebut harus ikut dilakukan perawatan bubut roda.

Alhasil, saat ini 18 trainset harus memasuki masa perawatan pembubutan roda. Kondisi itu membuat LRT Jabodebek saat ini hanya mengoperasikan 9 trainset dengan 131 perjalanan.

Pada dasarnya LRT Jabodebek memiliki 29 trainset, di mana 18 trainset dalam perawatan bubut roda dan 2 trainset dalam proses perawatan untuk integrasi sistem persinyalan. Maka saat ini hanya beroperasi 9 trainset.

Baca juga: Hanya 9 Trainset yang Beroperasi, LRT Jabodebek Batalkan 103 Perjalanan


Meski begitu, normalnya terdapat 16 trainset dengan 234 perjalanan yang dioperasikan LRT Jabodebek setiap harinya. Maka dampak dari perawatan roda tersebut membuat 103 perjalanan LRT Jabodebek dibatalkan untuk sementara waktu.

Dengan demikian, sembari dilakukan perawatan pembubutan roda secara bergantian yang memakan waktu satu minggu untuk setiap trainset, maka dilakukan pemesanan roda kereta ke pihak INKA.

"Jadi saat ini kami tinggal tunggu itu (pesanan roda dari INKA) datang untuk persiapan mengganti roda-roda ini nanti. Kami sih berharap paling telat Januari (2024)," kata Kuswardoyo.

Baca juga: Studi Kelayakan LRT Bali Ditarget Rampung Akhir Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com